14 Maret diperingati sebagai hari lahir klub sepakbola kebanggaan Bobotoh (Persib). Bagi Bobotoh, Persib sudah menjadi budaya dan perilaku sosial. Kecintaan, kesetiaan, loyalitas dan totalitas yang ada pada diri Bobotoh tidak bisa dijadikan sapi perah (customer) oleh mereka yang memanfaatkan kami untuk jadi pasar demi nilai profit yang masuk kantong pribadi. Logika berfikir kami menolak dengan keras.
Luka yang amat mendalam di tahun kemarin 2022 itu perlahan tapi pasti coba dihilangkan; Bobotoh berduka, sejarah kelam kembali terulang atas meninggalnya dua suporter saat mengantri ke dalam stadion. Meski tahu sejarah tak mungkin dihapus, kita menolak untuk lupa akan sejarah pahit itu. Untungnya geliat sepak bola Bandung, Jawa Barat, bahkan Bobotoh se-alam dunia yang terus menggelora bisa jadi pengobat rasa kecewa yang amat mendalam tahun kemarin.
Bobotoh tidak meninggalkan stadion ketika Persib mengalami masalah di masa lalu, krisis kepercayaan diri dan jadi perbincangan negatif atas kejadian di masa lalu. Mereka masih terus memenuhi tribun dan bernyanyi dengan lantang ketika Persib berlaga. Tiket selalu laris manis, meski dibatasi dan bahkan harga jualnya sekalipun naik ludes terjual dalam tempo kurang dari satu hari.
Wujud cinta kami terhadap klub kebanggaan sudah tidak perlu ditanyakan; menjadi pemain kedua belas yang selalu menjadi garda terdepan dalam suka-duka klub adalah bukti yang paling nyata dan sederhana. Sejarah dan dinamika kisah dimasalu cukup dijadikan kenangan oleh kami dan menjadi bahan introspeksi bagi seluruh perangkat sepakbola (Manajemen, Panpel dan Bobotoh). Sebuah catatan yang harus terus digiatkan, demi terjaganya sumbu ingatan manusia akan kenangan yang terkadang begitu pendek.
Usaha menjaga ingatan seperti ini merupakan pilihan yang harus terus diyakini sebab cinta memang harus terus digairahkan, bukan?
Srupuutt kopi hari ini terasa spesial, karena klub kesayangan telah genap bertambah usia menjadi 90 tahun. Jangan pernah menyesal menjadi Bobotoh! Meski secara tidak sadar kita sudah dianggap customer oleh mereka.
BANGGA JADI BOBOTOH !
M.A.A 2020 PENIKMAT SEPAKBOLA