Senin, September 30, 2024

Program Samisade Desa Tanjungsari Untuk Mempercepat Mobilitas dan Mendongkrak Perekonomian Warga

Bogor, Demokratis

Program Pemerintah Kabupaten Bogor yang digulirkan melalui program satu miliar satu desa (Samisade) kepada pemerintah desa diperuntukkan untuk pembangunan sarana infrastruktur di desa. Salah satu penerima anggaran program Samisade adalah Desa Tanjungsari, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor, saat ini tengah menuntaskankan pembangunan program Samisade tahap II berlokasi di Kampung Cibarengkok RT 04/02 dengan volume P 710m x L3m x 0,20m dengan fisik betonisasi.

Kepala Desa Tanjungsari Japar Maulana melalui Ketua RW 02 Dace saat ditemui Demokratis mengatakan, program Samisade dialokasikan untuk peningkatan infrastruktur jalan desa karena selama ini jalan tersebut belum ada perbaikan dan alhamdulilah setelah turunnya program Samisade digunakan untuk pembangunan jalan desa.

“Harapan kami dengan pembangunan jalan tersebut, warga dapat memanfaatkannya dengan baik sehingga nantinya bisa mempercepat aktivitas dan bisa meningkatkan ekonomi apalagi di desa kami ini kebanyakan petani seperti usaha daun, kopi, garapan kebun, sawah dan lain-lain,” ungkapnya, baru-baru ini.

Menurut Ketua RW, pelaksanaan betonisiasi dilakukan dengan sistem padat karya tunai (PKT) yang melibatkan warga masyarakat sekitar sehingga mereka juga mendapatkan penghasilan tambahan dari program ini.

“Untuk sistem pengerjaanya melalui Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) yang melibatkan warga sekitar, bergotong royong membangun jalan dan program Samisade ini disambut warga dengan atusias,” ucapnya.

Hal senada dikatakan Marketing PT Sagaindo Jaya Abadi Arab M Mahpud, tujuan utama betonisasi dari program Samisade untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur jalan sehingga akses jalan memperlancar seluruh aktivitas masyarakat terutama para petani yang melintasi jalan ini sehingga nantinya dapat mendukung peningkatan ekonomi di wilayah Desa Tanjungsari.

“Karena jika akses jalan bagus pertumbuhan ekonomi pun tidak akan terhambat oleh sarana transportasi. Peranan jalan pedesaan dapat berfungsi untuk memperlancar aktivitas warga sehari-hari dan kami membangun berusaha saksimal mungkin sesuai RAB dan nantinya biar Desa Tanjungsari menjadi desa percontohan,” ucapnya.

Di saat waktu bersamaan warga melintas yang enggan disebut namanya mengapresiasi program Samisade bantuan keuangan dari APBD Kabupaten Bogor tahun anggaran 2021 ini. Menurutnya, program ini selain juga meningkatkan infrastruktu juga akan mendongkrak perekonomian masyarakat.

“Saya cuma bisa ucapkan terima kasih kepada Pemkab Bogor terutama kepada Pemdes Tanjungsari yang telah mengucurkan dana Samisade. Ini sangat berarti bagi kami yang melintasi jalan ini setiap hari, dan semoga kedepanya dana tersebut bisa cair lagi untuk peningkatan jalan-jalan yang belum diperbaiki,” harapnya. (Ade S)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles