Sabtu, September 21, 2024

Anies Apresiasi Langkah Pemerintah Pusat Antisipasi Omicron

Jakarta, Demokratis

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi langkah sigap pemerintah pusat dalam mengantisipasi dan mencegah penyebaran varian Covid-19 Omicron di Indonesia umumnya dan di Jakarta khususnya. Terutama, kata Anies, langkah pemerintah pusat yang menjaga ketat perbatasan.

“Kami mengapresiasi sikap pemerintah pusat yang berhati-hati ini, terutama dalam memilih untuk ketat menjaga perbatasan, sangat ketat membatasi kegiatan dengan peserta dari luar negeri,” ujar Anies di Jakarta, Sabtu (4/12/2021).

Selain itu, kata Anies, pemerintah pusat juga sudah membatasi secara ketat kegiatan yang dapat menimbulkan daya tarik bagi publik untuk mengikuti dan yang melibatkan pihak luar negeri. Menurut Anies, lebih baik mencegah dari awal supaya bisa cepat memastikan Omicron terkendali.

“Lebih baik mencegah kebocoran sekecil apapun sejak saat ini hingga kita semua memastikan Omicron terkendali,” tandas Anies.

Pemprov DKI, kata Anies siap mendukung langkah pemerintah pusat tersebut. Salah satu bentuknya adalah menunda pelaksanaan International Youth Championship (IYC) 2021 Bali-Jakarta serta soft launching Jakarta International Stadium (JIS) yang rencananya digelar pada 4-11 Desember 2021 ini. Pasalnya, kedua kegiatan tersebut melibatkan pihak luar negeri, yakni tim sepak bola muda dari Spanyol, yakni Barcelona U18, dan Real Madrid U18 dan Atletico Madrid U18 yang diagendakan ikut bertanding di JIS.

“Seluruh rangkaian pelaksanaan turnamen IYC 2021, termasuk soft launching JIS ditangguhkan sampai dengan situasi pandemi dan penyebaran virus Covid-19 varian Omicron telah lebih terkendali dan dapat diprediksi,” ungkap dia.

Anies menegaskan hingga saat ini pandemi Covid-19 di Jakarta tergolong terkendali. Kasus aktif Covid-19, kata dia, juga terus melandai di mana saat ini tersisa 400 kasus

Testing dan tracing di Jakarta juga sangat memadai, sesuai penilaian dari Kemenkes. Namun, langkah kewaspadaan tidak boleh dikendorkan. Terutama, dengan berita perkembangan varian Omicron di luar negeri,” pungkas Anies. (Albert S)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles