Jumat, September 20, 2024

Sejarah Amerika Serikat Menginvasi Kamboja

Ketika Presiden Richard Nixon memerintahkan pasukan darat AS untuk menyerang Kamboja pada tanggal 28 April 1970, dia menunggu dua hari untuk mengumumkan di televisi nasional bahwa serangan Kamboja telah dimulai. Dengan kebencian yang sudah terbangun di negara itu atas konflik di Vietnam, serangan itu terasa seperti serangan terakhir.

Berita itu menimbulkan gelombang kritik dari banyak orang yang merasa presiden telah menyalahgunakan kekuasaannya dengan mengesampingkan Kongres. Pada November 1973, kritik tersebut mencapai puncaknya dengan disahkannya Undang-Undang Kekuatan Perang. Melewati veto Nixon, itu membatasi ruang lingkup kemampuan Panglima Tertinggi untuk menyatakan perang tanpa persetujuan kongres.

Sementara tindakan itu merupakan tantangan yang tidak biasa, presiden sejak itu telah mengeksploitasi celah dalam Resolusi Kekuatan Perang, menimbulkan pertanyaan tentang kekuasaan eksekutif, terutama selama keadaan darurat.

Kamboja secara resmi adalah negara netral dalam Perang Vietnam, meskipun pasukan Vietnam Utara memindahkan pasokan dan senjata melalui bagian utara negara itu, yang merupakan bagian dari jalur Ho Chi Minh yang membentang dari Vietnam ke negara tetangga Laos dan Kamboja.

Pada bulan Maret 1969, Nixon mulai menyetujui pengeboman rahasia terhadap camp-camp basis komunis dan zona pasokan yang dicurigai di Kamboja sebagai bagian dari “Menu Operasi”. Operasi yang disebarluaskan kepada publik pada 9 Mei 1969, memicu protes internasional. Kamboja bukanlah negara netral pertama yang menjadi sasaran Amerika Serikat selama Perang Vietnam dan Amerika Serikat mulai diam-diam membom Laos pada tahun 1964, dan akhirnya menjadikannya negara per kapita yang paling banyak dibom di dunia.

Nixon menyetujui penggunaan pasukan darat Amerika di Kamboja untuk berperang bersama pasukan Vietnam Selatan yang menyerang pangkalan komunis di sana pada 28 April 1970. Perkembangan politik yang terjadi di Kamboja menguntungkan Nixon. Pangeran Norodom Sihanouk, yang telah memimpin negara itu sejak kemerdekaannya dari Prancis pada tahun 1954, dikeluarkan dari kekuasaan oleh Majelis Nasional Kamboja pada 18 Maret 1970. Pro A.S. Perdana Menteri Lon Nol menggunakan kekuatan darurat dan menggantikan pangeran sebagai kepala negara yang kemudian dikenal sebagai Kudeta Kamboja tahun 1970.

Pada tanggal 8 Mei 1970, Nixon mengadakan konferensi pers untuk membela invasi Kamboja. Dia berpendapat bahwa hal itu memakan waktu enam sampai delapan bulan waktu pelatihan untuk pasukan Vietnam Selatan, sehingga mempersingkat perang untuk Amerika dan menyelamatkan nyawa Amerika. Dia berjanji untuk menarik 150.000 tentara Amerika pada musim semi berikutnya. Tetapi Vietnamisasi tidak berjalan dengan baik, dan publik Amerika sudah muak dengan perang di Vietnam. Invasi Kamboja terbukti menjadi titik kritis. ***

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles