Rabu, Oktober 2, 2024

Sejarah SEA Games

Sejarah SEA Games dari awal sampai sekarang menarik dikulik. Sebab, pesta olahraga multievent antarnegara se-Asia Tenggara ini sedang kembali digelar.

Ya, ajang SEA Games 2021 telah resmi dibuka pada Kamis 12 Mei 2022 di Vietnam. SEA Games ke-31 ini sedianya dilakukan pada 2021, namun tertunda karena pandemi Covid-19.

Mengusung tema ‘For a Stronger South East Asia’, SEA Games 2021 diikuti 11 negara. Ajang ini akan berlangsung hingga 23 Mei 2022.

Lalu, bagaimana sejarah lengkap dari SEA Games?

South East Asia (SEA) Games merupakan pesta olahraga bergengsi dan terbesar yang ada di Asia Tenggara. Penyelenggaraannya dikawal oleh International Olympic Committee (Komite Olimpiade Internasional) atau IOC dan Dewan Olimpiade Asia.

Merunut sejarahnya, SEA Games yang kita kenal saat ini rupanya semula bernama South Asian Peninsular Games atau SEAP Games (Pesta Olahraga Semenanjung Asia Negara). SEAP Games sendiri memiliki Komite Federasi pada 22 Mei 1958, beriringan dengan digelarnya Asian Games ke-3 di Tokyo, Jepang.

Kala itu, para delegasi beberapa negara di Asia Tenggara, yaitu Kamboja, Malaysia, Myanmar, Thailand, Vietnam Selatan, dan Singapura memutuskan untuk menggelar pertemuan.

Perhelatan SEAP Games pertama digelar di Bangkok, Thailand, selama 5 hari (12 sampai 17 Desember 1959). Tercatat, ada sekira 527 atlet, pelatih, dan official tim yang bergabung. SEAP Games mempertandingkan 12 cabang olahraga atau cabor.

Pada 1975, SEAP Games bertransformasi menjadi SEA Games. Indonesia dan Filipina baru bergabung pada 1977. Brunei Darussalam ikut dalam perhelatan akbar ini pada SEA Games ke-10 di Jakarta 1979. Timor Leste juga menyusul untuk berpartisipasi pada SEA Games XXII di Hanoi, Vietnam, pada 2003.

Dalam jurnal berjudul ‘Eternal friends and erstwhile enemies: The regional sporting community of the Southeast Asian Games’ disebutkan bahwa SEA Games bertujuan untuk meningkatkan kualitas yang lebih baik antara negara-negara di Asia Tenggara. Selain itu, SEA Games juga bertujuan untuk meningkatkan kinerja negara-negara anggota untuk eksis di Olimpiade dan Asian Games yang cakupannya lebih luas.

Melihat dari sisi negara penyelenggara, Thailand dan Malaysia adalah negara yang paling sering menjadi tuan rumah SEA Games, yakni sebanyak 6 kali. Indonesia sendiri baru 4 kali didapuk menjadi tuan rumah.

SEA Games Indonesia digelar di Jakarta pada 1979, 1987, 1997, dan 2011. Pada 2011, Indonesia menyelenggarakan SEA Games di 2 kota besar sekaligus, yakni Jakarta dan Palembang. Dua kota ini juga menjadi penyelenggara dalam pesta olahraga yang lebih besar pada 2018, yaitu Asian Games. ***

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles