Senin, September 30, 2024

Bupati Sukabumi Serahkan Penghargaan Baznas Award Tahun 2022

Sukabumi, Demokratis

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami membuka sekaligus memberikan penghargaan Baznas Award Tahun 2022 secara simbolis di Pendopo Kabupaten Sukabumi, Nyomplong, Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi, Senin (8/8/2022).

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengatakan, peran Baznas di wilayah akan terus bisa melayani serta memberikan kontribusi dalam medorong dan mewujudkan pembangunan khususnya Kabupaten Sukabumi, seperti hal dalam menyikapi keberadaan masyarakat yang benar-benar patut dibantu.

Marwan juga menjelaskan bantuan untuk masyarakat jika melalui pemerintah akan ada mekanisme aturan keuangan dengan proses yang cukup lumayan panjang.

“Sehingga jika jalur lewat Baznas asal tepat serta penerima manfaatnya jelas dan dapat dipertanggung jawabkan bisa selesai dengan asnaf,” ungkapnya.

Menurutnya, saat ini capaian Baznas Kabupaten Sukabumi sudah bagus dalam hasil audit pun masuk kategori wajar tanpa pengecualian (WTP). Maka dengan itu, ia meminta masyarakat yang menitipkan dananya untuk zakat, infaq, dan shodaqoh, tidak perlu khawatir.

“Seharusnya kalau masyarakat sudah teredukasi, terkondisikan secara pribadi, tidak usah ada instruksi bupati atau perbup,” katanya.

Kendati demikian, Marwan menilai pencapaian itu belum cukup, karena mayoritas himpunan dana dalam Baznas berasal dari kalangan ASN, bukan dari masyarakat secara umum.

“Saya sebenarnya belum sepenuhnya bangga dengan capaian ini, karena mayoritas masih dari ASN. Kalau peningkatan lebih besar di masyarakat, seperti bisa sampai 60 persen dari masyarakat, dan ASN 10 persen. Itulah barangkali dianggap keberhasilan mengajak umat,” tutur Marwan.

Lebih lanjut dikatakan, capaian itu bukan belum terlaksana tetapi masih ada tercecer himpunan zakat dari kelompok-kelompok masyarakat, misalnya himpunan zakat yang ada di pesantren.
“Zakat ke gurunya itu tidak tercatat. Tapi kalau nanti mereka bisa sama-sama berpikir bahwa semua zakat itu dilaksanakan lewat Baz, dan programnya bisa mereka cermati bersama. Insya Allah, yang paling penting adalah itu,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Sukabumi, Unang Sudarma, mengukapkan pada momen tersebut pihaknya dapat mengapresiasi kepada pihak-pihak maupun perorangan yang turut berkontribusi dalam kelancaran program Baznas di wilayah Kabupaten Sukabumi.

“Kita juga bisa menyerahkan bantuan mobil ambulans untuk Rumah Sakit Palabuhanratu dan Rumah Sakit Sekarwangi. Mudah-mudahan untuk tahun berikutnya kita bisa membantu untuk rumah sakit yang lain di Kabupaten Sukabumi,” ucapnya.

Ketua Baznas juga terus mendorong agar bagaimana zakat, infaq, dan shodaqoh ini ketika dikelola secara berdaya mampu memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat.

“Kalau dua tahun yang lalu masih didominasi oleh ASN, meskipun sama tahun ini juga dari ASN. Dari masyarakat baru hanya 5 persen, pada dua tahun lalu. Sedangkan untuk tahun ini dari masyarakat itu mencapai angka 15 persen. Jadi sudah ada peningkatan dari 5 persen ke 15 persen, ini juga harus diberikan apresiasi buat masyarakat,” tegasnya. (Iwan)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles