Jumat, September 20, 2024

Mediasi Dugaan Pelanggan Pilkades Pandan Lagan Kecamatan Geragai Menemui Titik Terang

Tanjabtimur, Demokratis

Kisruh pemilihan kepala desa (Pilkades) Desa Pandan Lagan, Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur tahun 2022 berujung damai.

Hal tersebut disampaikan oleh Camat Geragai, Iduar Aidi, kepada awak media di ruang kerjanya, Selasa (25/10/2022).

Ia mengatakan, pihaknya bersama dengan Kapolsek Geragai, Iptu Wahyu Seno Jatmiko, berinisiatif melakukan mediasi kepada para pihak yang berselisih.

“Kita bersama-sama dengan Kapolsek berinisiatif mediasi. Di mana-mana, perkara itu kan mediasi yang diutamakan. Alhamdulillah ketemu titik terang, damai,” kata Iduar.

Pihak penggugat (Cakades nomor urut 3, Muhammad, red), kata Iduar, berdamai dengan mengajukan persyaratan. Sementara, tergugat (Cakades nomor urut 4, Alfiana Ijriati, red) dengan persyaratan yang masuk akal setuju akan persyaratan itu.

“Poin-poin yang dipinta, pertama tidak ada diskriminasi, jadi antara yang menang dan kalah tetap warganya yang menang. Kedua pembangunan merata, karena semuanya memang tanggung jawab kepala desa. Kemudian ada beberapa pembangunan kades incumbent yang tertunda, mohon dijadikan prioritas,” terang Iduar.

“Jadi permintaannya itu memang betul-betul wajar, saya setuju,” timpalnya.

Sementara itu, Iduar menjelaskan sedikit permasalahan yang notabene catatan dari pihak-pihak yang berselisih berkaitan dengan dugaan money politic.

“Sebenarnya kalau kita pelajari dengan baik, sulit dibuktikan juga, karena yang namanya money politic itu pelanggaran. Pelanggaran yang bisa kita jatuhkan hukumnya kan sifatnya terstruktur, sistematis, masif,” jelas Iduar.

Iduar juga menjelaskan, ternyata setelah mediasi, permasalahannya hanya karena salah paham.

“Salah pahamnya begini, yang namanya pendukung, yang kalah kecil hati, yang menang merasa jumawa ngomong sembarangan, yang kalah tersinggung. Jadi ada bahasa dari tim pemenang yang menyakiti tim penggugat,” ujarnya.

Dengan demikian, sambung Iduar, saat ini para pihak yang berselisih telah legowo dan sudah sama-sama bertujuan membangun desa.

“Saya berharap yang menang jalankan tugas dengan baik dan yang kalah bantu yang menang. Karena untuk membangun itu tidak harus kepala desa saja, masyarakat biasa pun bisa membangun dengan menciptakan stabilitas di tengah-tengah masyarakat,” harap Iduar.

Diketahui, hasil pleno penetapan hasil Pilkades di Desa Pandan Lagan, Tanjung Jabung Timur pada tanggal 12 Oktober 2022 lalu, dimenangkan oleh Cakades nomor urut 1. Harnoto memperoleh 186 suara, nomor urut 2. Talmiri memperoleh 222 suara, nomor urut 3. Muhammad memperoleh 422 suara, nomor urut 4 Alfiana Ijriati dengan memperoleh suara sebanyak 504, nomor 5. Prijal memperoleh 258 suara. (Ramzi)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles