Jumat, September 20, 2024

Peringati Hari Sumpah Pemuda, 234SC Subregwill Purwasari Gelar Festival Mural Kultur

Karawang, Demokratis

234SC menggelar festival mural kultur untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda di Desa Purwasari, Kecamatan Purwasari, Kabupaten Karawang, Sabtu (29/10/2022)

Seni mural merupakan lukisan pada dinding. Mural sendiri berasal dari kata Murus dalam bahasa Latin, yang memiliki arti dinding. Jadi, mural adalah cara melukis atau menggambar di dinding, tembok, dan permukaan luas yang bersifat permanen lainnya.

Festival mural kultur kali ini diikuti oleh 23 peserta seniman mural dari berbaga daerah yakni, Karawang, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Menurut Kepala Desa Purwasari Jimy, kegiatna ini merupakan kegiatan yang positif untuk mengangkat sisi lain dari kebudayaan dan kearifan budaya lokal Karawang.

“Tema festival mural kultur yang kami selenggarakan adalah menyingkap sisi kearifan budaya lokal Karawang yang nantinya akan dituangkan melalui karya-karya mereka di media yang telah kami sediakan oleh para peserta yang semuanya adalah para seniman mural dan seniman lukis dari berbagai daerah,” jelas Candra Caniago Ketua Karang Taruna Kecamatan Purwasari.

Menurutnya, acara ini juga dihadiri oleh Muspika Kecamatan Purwasari, Kades Purwasari dan Karang Taruna se-Kecamatan Purwasari.

Ketua 234SC Kabupaten Karawang mensupport kegiatan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Sementara salah seorang pemural yang berasal dari Jawa Tengah mengatakan bahwa ia tiba di Karawang sejak dua hari yang lalu. Dan ia merasa berantusias mengikuti perlombaan seperti ini.

“Kami hanya bisa berharap agar lomba atau festival seperti ini terus digelar, di samping untuk mengasah kemampuan dan kreativitas kami sebagai seniman mural serta memotivasi diri kami agar terus berkarya,” pungkasnya. (Jajang S)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles