Jumat, September 20, 2024

10 Tahun Tak Diperbaiki, Jalan di RT 02/04 Desa Langensari Kecamatan Sukaraja Rusak Parah

Sukabumi, Demokratis

Setiap tahun Dana Desa digelontorkan Pemerintah Pusat ke desa-desa di seluruh Tanah Air untuk mendukung pemulihan ekonomi dan sektor prioritas dalam rangka mempercepat pembangunan serta pemberdayaan masyarakat desa.

Namun sangat disayangakan alokasi dana tersebut belum sepenuhnya dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di desa. Seperti halnya pelaksanaan pembangunan jalan RT 02 R 04 Desa Langensari, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, yang rusak parah lebih 10 tahun tidak pernah tersentuh perbaikan.

Ketua Rukun Tetangga (RT) 02 RW 04 Desa Langensari, Uloh Saepuloh (55) saat ditemui Demokratis di kediamannya mengatakan, sudah hampir 10 tahun lebih jalan rusak parah di wilayah RT yang dipimpin namun sampai saat ini belum pernah ada perbaikan dari pemerintah desa maupun pemerintah daerah.

“Untuk panjang jalan itu hampir 200 meter, sedangkan jalan tersebut jalan penghubung atau jalan perbatasan dengan Desa Limbangan Kecamatan Sukaraja,” ungkapnya, Rabu (28/12/2022).

Uloh Saepuloh juga mengaku hampir setiap hari ada saja warga maupun pengguna jalan yang mengeluhkan kondisi jalan yang sangat memprihatinkan tersebut.

Ketua RT 02 RW 04 Desa Langensari, Uloh Saepuloh. Foto-foto: Demokratis/Iwan

“Adapun perbaikan jalan yang berlobang saat itu dilakukan dengan cara dicoor dan itu pun dana bukan dari pemerintah desa ataupun pemerintah daerah melainkan hasil swadaya masyarakat yang perduli dengan jalan rusak tersebut,” ungkapnya.

Menurut Uloh Saepuloh, akibat dampak jalan rusak parah banyak warga yang mengendarai kendaraan roda dua yang megalami kecalakaan.

“Sejauh ini kami sudah berupaya mengajukan serta melaporkan bahkan sudah diketahui oleh pihak pemerintah desa jalan rusak parah di wilayah kami, namun kebijakan pemerintah desa wilayah kami pelaksanaan pembangunannya pada tembok penahan tanah (TPT),” lanjutnya.

Oleh karena itu, pihaknya sangat berharap agar jalan rusak tersebut dapat segera diperbaiki oleh pemerintah desa maupun pemrintah daerah sehingga warga dapat beraktivitas dengan lancar dan aman.

Di tempat terpisah, Cece (50) warga sekaligus tokoh masyarakat Kedusunan Gintung Desa Limbangan juga mengungkapkan keluhannya terkait jalan rusak parah di wilayah Desa Langensari yang kian lama sangat memprihatinkan.

Ia juga mengaku banyak warga yang melintas di jalan tersebut sering mengalami kecelakaan tunggal yang disebabkan roda tergelincir sehingga harus menjadi perhatian serius pemerintah desa dan pemerintah daerah agar tidak menimbulkan korban lebih banyak lagi.

“Sedangkan jalan tersebut penghubung sekaligus perbatasan antara Desa Langensari dengan Desa Limbangan Kedusunan Gintung, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi,” tandasnya. (Iwan)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles