Jumat, September 20, 2024

Kelompok Arisan Rang Rantau Adakan Family Gathering, Jalin Keakraban Antar Warga Minang di Tasikmalaya

Kota Tasikmalaya, Demokratis

Ketua Ikatan Keluarga Minang (IKM) Tasikmalaya Syahrial beserta Wakilnya H. Fitri Chandra menghadiri undangan dari Anggota IKM Tasikmalaya yang tergabung dalam ‘Kelompok Arisan Rang Rantau’. Dimana acara tersebut mengadakan kegiatan family gathering dengan tujuan mempererat hubungan antara warga Minang beserta keluarganya. Acara arisan yang diadakan setiap bulan ini juga diisi dengan pengajian dan tausyiah dari ustad untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan dari anggota.

“Kegiatan arisan ini sudah berjalan selama 9 tahun dan diadakan secara bergantian di rumah atau tempat yang disediakan oleh anggota arisan yang mendapat giliran,” ucap Ibu Armanelis Fauziah selaku Ketua Kelompok kepada wartawan di Obyek Wahana Wisata Alam Parung Tanjungkerta Pageurageung Kabupaten Tasikmalaya, Ahad (29/1/2023).

Disebutkan, arisan ini sebagai wadah silaturahmi perantau Minang yang beraktifitas di Pasar Cikurubuk dan sekitar Kota Tasikmalaya. “Sehingga mereka bisa saling mengenal agar hubungan lebih erat dan harmonis serta bisa saling membantu jika salah satu anggotanya mengalami kesulitan ekonomi,” terangnya.

Acara family gathering ini, lanjut dia, diisi juga dengan berbagai macam perlombaan yang diikuti oleh seluruh anggota keluarga, sehingga suasana tambah meriah penuh keceriaan. Terlihat kekompakan di antara sesama anggota arisan Rang Rantau dengan sportifitas yang tinggi dalam setiap perlombaan berlangsung.

“Kita selalu berperan aktif dalam berdonasi dan turut serta dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh IKM Tasikmalaya. Karena kita semua anggota IKM bahkan sebagian anggota kita juga sudah menjadi pengurus IKM Tasikmalaya,” papar Armanelis Fauziah.

Di tempat yang sama, Ketua IKM Tasikmalaya Syahrial mengapresiasi setinggi-tingginya dan acungan jempol terhadap kekompakan yang diperlihatkan oleh anggota Arisan Rang Rantau ini.

”Saya mengucapkan terima kasih atas undangan dari Kelompok Arisan Rang Rantau. Di sini saya melihat kekompakan dan silaturahmi yang kuat, semua berbaur tanpa canggung serta bercanda dalam suasana pergaulan Minang yang kental,” tuturnya.

Semangat dan kekompakan ini harap dia tetap terjaga dengan baik, sehingga bisa menjadi pendukung dalam setiap program-program yang direncanakan oleh IKM Tasikmalaya sebagai induk organisasi warga Minang yang berada di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya.

“Salah satu program IKM saat ini yakni proses pembangunan masjid yang sedang kita jalankan. Besar harapan saya selaku Ketua IKM kepada Arisan Rang Rantau untuk tetap berperan aktif dalam penggalangan dana proses pendirian masjid sebagai ladang ibadah kita,” imbuhnya.

Dengan kegiatan ini, sambung Syahrial, bisa diselenggarakan secara menyeluruh di IKM Tasikmalaya. “Artinya, dapat memupuk rasa persaudaraan yang kuat sesama orang Minangkabau dengan saling mengenal dan berinteraksi satu sama lain,” pungkasnya. (Eddinsyah)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles