Minggu, September 29, 2024

Lima Tahun Pimpin Subang, Kang Jimat Bawa Subang Raih WTP 5 Kali Berturut-turut

Subang, Demokratis

Bupati Subang H. Ruhimat, biasa disapa Kang Jimat didampingi Ketua DPRD Kabupaten Subang H. Narca Sukanda, S.Sos., menghadiri penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Subang tahun 2022, bertempat di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Barat, Bandung, Selasa (16/5/2023).

Dalam kepemimpinan Bupati Subang Kang Jimat, hingga tahun akhir menjabat berhasil mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), artinya 5 kali berturut-turut dalam menjabat meraih WTP.

Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban pemerintah kepada publik dalam hal pengelolaan keuangan negara. Selain Kabupaten Subang, pada kesempatan tersebut penyerahan LKPD juga diserahkan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Cianjur dan Karawang.

Acara diawali dengan Penandatanganan berita acara dan penyerahan LHP dan LKPD kepada Kepala Daerah dan Ketua DPRD masing-masing daerah oleh Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat.

Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat Paula Henry Simatupang S.E., M. Si., Ak., CA., CFrA., CSFA., CPA (Aust), ACPA. dalam paparannya menyampaikan bahwa pemeriksa yang dilakukan oleh BPK bukanlah sebuah pembenaran, tapi merupakan sebuah evaluasi untuk meyakinkan atas laporan yang disajikan.

“Pemeriksaan ini, adalah bukan untuk memeriksa kebenaran, tapi adalah untuk memberikan keyakinan apakah laporan telah disajikan dengan wajar atau tidak,” katanya.

Dirinya juga menyatakan bahwa dengan diserahkannya LHP, menandakan berakhirnya tahapan pemeriksaan oleh BPK dan LHP tersebut bersifat final dan mengikat.

“BPK sudah melakukan tahapan pemeriksaan, semua berakhir di hari ini. LHP yang diberikan, itu bersifat final dan mengikat,” lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Barat, menyampaikan opini hasil pemeriksaan ketiga Kabupaten, dan Kabupaten Subang di masa kepemimpinan Bupati Subang Kang Jimat, berhasil mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 kali berturut-turut. WTP sendiri adalah predikat tertinggi yang diberikan oleh auditor, dalam hal ini Badan Pemeriksa Keuangan, terhadap laporan keuangan Pemerintah Daerah.

Bupati Subang Kang Jimat, ditemui setelah kegiatan menghaturkan terima kasih kepada jajaran OPD khususnya kepada pengelola keuangan di masing-masing OPD atas pencapaian Opini WTP yang ke-5 kali tersebut.

“Kepada seluruh OPD khususnya kepada pengelola keuangan di masing-masing OPD, saya ucapkan terima kasih. Hari ini kita mendapatkan opini WTP dalam hal pengelolaan keuangan yang ke-5 kalinya,” tuturnya.

Kang Jimat berharap, pencapaian yang kini telah diraih, mampu menjadi suatu motivasi dalam upaya perubahan Subang menuju Subang yang lebih baik. “Mudah-mudahan ini menjadi hikmah yang baik untuk hari esok Subang supaya lebih baik,” katanya.

Menutup statementnya, Kang Jimat pun kembali menghaturkan terima kasih, dan berharap WTP yang ke-5 di masa jabatan dirinya yang ke-5 tahun, mampu dipertahankan dan ditingkatkan demi Subang yang lebih baik.

“Terima kasih semua jajaran atas niatan dan pekerjaan yang penuh dengan tanggung jawab, mudah-mudah betul-betul untuk perbaikan Subang,” pungkasnya.

Turut hadir mendampingi Kang Jimat pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, Inspektur Inspektorat Daerah, Kepala BKAD Kabupaten Subang serta Kepala BP4D Kabupaten Subang. (Abdulah)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles