Jumat, September 20, 2024

Persaudaraan Advokat Sumbar (PAS) Sukses Melakukan Rakor Perdana

Padang, Demokratis

Rapat koordinasi (rakor) Persaudaraan Advokat Sumbar (PAS) Sumbar menghasilkan poin keputusan yang disepakati, Sabtu (26/8/2023).

Sebagai organisasi advokat lintas organisasi, PAS yang baru saja terbentuk sudah berhasil melaksanakan rakor di Lubuk Minturun Kota Padang, tepatnya di ABG Water Park.

Dalam pertemuan rakor yang dihadiri lebih kurang lima puluh orang yang hadir dari 80 puluh orang yang terdaftar berencana hadir.

Dalam pemantauan Demokratis di lokasi rakor PAS, acara yang dijadwalkan jam 10 pagi, terlihat kehadiran peserta sudah datang dimulai dengan duduk dan berbincang-bincang di arena lokasi acara dan ada juga ada yang bernyanyi di panggung acara yang diiringi oleh musik.

Setelah beberapa saat bernyanyi di antara anggota PAS, kemudian dilanjutkan dengan rapat di lokasi arena acara yang diawali dengan acara berdoa yang dipimpin oleh Ustadz Marjoni, S.Ag, M.IH yang juga advokat dari Apsi Sumbar sekarang menjabat Ketua DPC APSI Kabupaten Pesisir Selatan, selanjutnya pidato singkat oleh Ketua Koordinator PAS Sumbar, Azwar Siri, SH. Med,C.pl.

Setelah pidato Ketua PAS langsung diadakan rapat organisasi yang membahas beberapa hal, seperti:

Pertama, membicarakan masalah keuangan organisasi dan laporan keuangan.

Kedua, membicarakan masalah penggunaan dana sosial yang dikumpulkan dari anggota PAS sejumlah Rp120.000 untuk jangka satu tahun yang disepakati untuk dua kategori: 1. Untuk kategori sakit bagi anggota dan keluarga. 1. Untuk dana sosial bagi anggota PAS Sumbar ada yang meninggal dunia. 3. Untuk membuat karangan bunga buat anggota PAS ada yang meninggal atau ada keluarganya yang hajatan menikahkan anak serta ada anggota PAS yang menikah dan baralek.

Ketiga, membicarakan masalah status organisasi yang banyak menyepakati tetap berada pada posisi organisasi sosial yang cukup diatur dengan peraturan organisasi tanpa perlu membuat AD/ART seperti organisasi advokat tempat bernaung anggota advokat selama ini, karena semua anggota PAS sudah punya organisi tempat bernaung, seperti Peradi, Apsi, Ikadin, AAI, KAI dll. Karena PAS adalah organisasi sosial yang didirikan oleh advokat di Sumbar.

Dalam keterangannya kepada Demokratis saat diwawancarai Ketua Koordinator Pas Azwar Siri  mengatakan bahwa PAS Sumatera Barat adalah wadah organisasi untuk silaturahmi lintas organisasi advokat.

“Untuk itu dalam rakor ini kita akan membicarakan visi dan misi serta mau dibawa ke mana PAS ini ke depannya,” katanya.

Seperti diketahui oleh media bahwa Azwar Siri sedang giat melakukan pendidikan pelatihan mediator 4M yang sudah dilaksanakan dua kali angkatan.

Saat Demokratis menanyakan, apa manfaatnya pelatihan mediator itu untuk advokat? Menurut Azwar siri pelatihan mediator sangat dibutuhkan sekali buat advokat, karena dengan menguasai ilmu mediator dan memiliki sertifikasi MA advokat memiliki kemampuan lebih di bidang mediasi dalam menyelesaikan perkara baik di pengadilan ataupun perkara non litigasi.

Demikian sekilas liputan Demokratis di acara Rakor Persaudaraan Advokat Sumbar di ABG Park Lumin Kota Padang. (Addy DM)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles