Jumat, September 20, 2024

Pj. Wali Kota Lantik Ketua Forum Puspa Kota Tasikmalaya, Upaya Membangun di Semua Level Pemerintahan

Kota Tasikmalaya, Demokratis

Pj. Wali Kota Tasikmalaya Dr. Cheka Virgowansyah, S.STP, ME, secara resmi melantik Heni Hendini, M.Pd, sebagai Ketua Forum Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (Forum Puspa) Kota Tasikmalaya di Aula Gedung Bapelitbangda Pemkot Tasikmalaya, Selasa (21/11/2023).

Usai dilantik Heni mengatakan, ada program terdekat yakni mensosialisasikan inti dari kerja Forum Puspa yaitu membangun partisipasi publik perempuan dan anak di semua level pemerintahan.

“Fokus Puspa itu pembangunan berbasis gender, bagaimana pembangunan pemerintah itu melibatkan keterwakilan perempuan,” ucapnya kepada wartawan usai dirinya dilantik.

Salah satu contoh sebut dia, dalam pengelolaan Dana Kelurahan oleh LPM yang terlibat dari keterwakilan perempuan sedikit sekali.

Heni Hendini, M.Pd, Ketua Forum Puspa Kota Tasikmalaya. Foto-foto: Demokratis/Eddinsyah

“Artinya, kebijakan pembangunan yang disetorkan ke Bapelitbangda ini tidak banyak terangkum untuk kesejahteraan perempuan dan anak,” terangnya.

Acara pelantikan tersebut juga diundang dari pihak kecamatan dan kelurahan agar mereka tahu keberadaan Puspa itu sendiri. Karena membangun keterwakilan perempuan harus dimulai dari tingkatan itu.

“Hal itu dikarenakan isu pembangunan Kota Tasikmalaya akan terekam dan tercover di tingkatan tersebut,” ungkapnya.

Dalam membangun partisipasi publik, kadang perempuan itu ingin dan tahu punya kapasitas. Namun speak-upnya tidak berani karena tidak terbukanya kesempatan.

“Membuka kesempatan bukan hanya kasur, sumur, dapur. Namun harus sumur, dapur di kelurahan dan kecamatan, bahkan tidak menutup kemungkinan di tingkat legislatif,” paparnya. (Eddinsyah)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles