Jumat, September 20, 2024

Narendra Modi Perdana Menteri India Sampaikan Duka Cita

Jakarta, Demokratis

Narendra Modi Perdana Menteri (PM) dari India menyampaikan surat belasungkawa tanda berduka cita kepada Emir Emirat Arab yang wafat baru-baru ini. Sheikh Khalifa Emir Emirat Arab berpulang ke Rahmatullah di Dubai dalam usia 73 tahun. Ia meninggal 13 Desember 2023. Ia wafat karena stroke. Negara Uni Emirat Arab (UEA) berkabung selama 40 hari.

India mengutus Menteri Perminyakan Hardeep Singh Puri untuk meyampaikan surat duka cita kepada Pemerintah Emirat Arab di Dubai. Arab Emirat punya hubungan diplomatik yang baik selama ini. India mengharapkan hubungan dua negara lebih meningkat di masa yang akan datang.

Hardeep Singh Puri yang merangkap Menteri Perminyakan dan Gas Alam India mengatakan, kalau harga ninyak sampai seratus dolar per barel akan menguntungkan negara produsen. Ia mengharap menjadi perhatian negara bagian di Asia Selatan. Hal itu dikatakan dalam konferensi minyak dan AIPEC di Abu Dabi, 3 Oktober 2023.

“India tidak khawatir amat karena ada sumber yang lain. Negara dapat mengganti dengan yang lain kecuali minyak dengan batu bara dan sebagainya,” kata Hardeep Singh Puri lagi. “Kami bisa melakukannya.” (Tribun News, 21 Desember 2023).

Negara India sebuah negara di bagian Asia Selatan tersebut dengan wilayah yang amat luas punya populasi 1,408 miliar orang (2023). Punya produk domestik bruto 3.176 miliar dolar menurut World Bank 2023. Merdeka tahun 1947 dari Inggris. Dipimpin oleh Narendra Modi dari partai Bharatiya Janata Party (BJP) sebagai Perdana Menteri. Kota terbesar kedua setelah ibu kota negara New Delhi ialah Mumbai. Negara yang besar penduduknya nomor dua di dunia, setelah Cina. India kini punya banyak kemajuan.

Dengan Indonesia hubungan cukup baik. Terutama dalam bidang kesenian. Lagu dari India serta film amat terkenal dan disukai rakyat Indonesia. Digemari oleh lapisan masyarkat bawah dan menengah Indonesia. Indonesia dan India kian dekat hubungan kenegaraan terutama sama anggota G20 dimana tahun lalu India menjadi ketua sekaligus tempat pertemuan G20. (Masud HMN/berbagai sumber)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles