Kamis, September 19, 2024

Liverpool Pimpin Klasemen Liga Inggris

Liverpool meraup tiga poin kala menjamu Newcastle United dengan skor 4-2 pada pekan ke-20 Liga Inggris 2023/2024 di Stadion Anfield, Selasa (2/1/2024).

Kemenangan itu membuat Si Merah berada di puncak klasemen dengan koleksi 45 poin. Angka itu unggul tiga poin dari Aston Villa yang ada di peringkat kedua.

Secara statistik, Liverpool unggul dalam segala hal. Sepanjang dominasi penguasaan bola sebesar 64 persen, anak asuh Jurgen Klopp sukses melepas 34 tembakan, sebanyak 15 di antaranya tepat sasaran.

Catatan itu jauh dibanding tim tamu yang cuma mengemas lima tembakan yang mana tiga mengarah ke gawang.

Hanya saja, raihan statistik Liverpool terbilang tak terlalu efektif mengingat Newcastel bisa mencetak dua gol hanya dengan tiga tembakan tepat sasaran.

Menilik analisis Opta, Si Merah memang menciptakan tembakan terbanyak dalam satu laga Liga Inggris sejak terakhir kali pada 2010. Namun, perkiraan seharusnya mereka bisa mencetak 7,27 gol di laga itu.

Terlepas dari itu, Liverpool terpenting menyegel tiga poin. Gol sendiri baru tercipta pada babak kedua setelah paruh pertama berakhir 0-0.

Babak pertama Si Merah banyak membuang peluang. Mohamed Salah gagal mengeksekusi penalti, sementara Darwin Nunez menyia-nyiakan delapan tembakan ke gawang.

Mohamed Salah membayar kesalahan dengan membuka keunggulan tuan rumah pada menit ke-49. Hanya, keunggulan itu tak bertahan lama.

Lima menit kemudian, Alexander Isak menyamakan gol pembuka Mohamed Salah.

Curtis Jones akhirnya membawa tuan rumah kembali unggul pada menit ke-74 sebelum Cody Gakpo membuat Liverpool menjauh 3-1 empat menit kemudian.

Newcastle sempat mengejar ketertinggalan menjadi 2-3 melalui gol Sven Botman pada menit ke-81.

Liverpool mengunci kemenangan pada empat menit sebelum waktu normal habis. Salah mencetak gol keduanya sekaligus menggenapkan keunggulan menjadi 4-2.

Kali ini, eksekusi penalti pemain asal Mesir itu sukses. Penalti itu lahir setelah Diogo Jota secara kontroversial dijatuhkan Martin Dubravka.

Sumbangsih brace itu merupakan keterlibatan Mohamed Salah terakhir bersama Liverpool sebelum tampil di Piala Afrika 2023. Sang pemain sayap harus absen membela klub pada periode 13 Januari-11 Februari 2024.

Kemenangan Liverpool yang membuatnya jadi pemuncak klasemen langsung mendapat komentar positif dari pundit sepak bola, Gary Neville.

Bicara di Sky Sports, Neville menyebut bahwa Liverpool berpotensi besar juara Liga Inggris 2023/2024.

“Liverpool berpotensi menjadi juara karena posisi mereka. Manajer mereka adalah manajer sensasional yang tahu bagaimana melakukannya. Mereka punya tiga atau empat pemain kelas dunia.”

“Van Dijk, Salah, dan Alisson, tapi Anda harus menambahkan Alexander-Arnold. Dia sensasional. Dengan para pemain yang fit dan manajer yang mereka miliki, mereka mungkin akan menjadi tim yang tidak diinginkan Manchester City (perebutan gelar juara), meski mereka (Manchester City) tahu pernah mengalahkan Liverpool sebelumnya,” ujar Neville.

Saat ini, Manchester City berada di tangga ketiga dengan 40 poin. Mereka belum memainkan pekan ke-20.

Kalaupun mereka menang, The Citizens baru bisa menggeser Aston Villa di peringkat kedua demi membayangi Liverpool. (Rio)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles