Selasa, Oktober 1, 2024

Satlak Pendidikan Kecamatan Duren Sawit Gelar Sosialiasi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan

Jakarta, Demokratis

Satuan Pelaksana Pendidikan Kecamatan Duren Sawit melakukan kegiatan sosialisasi pencegahan dan penanganan kekerasan di lingkungan satuan pendidikan di P4 Jakarta Timur, Rabu (8/5/2024).

Plt Kasatlak Pendidikan Kecamatan Duren Sawit, Farida Farhah, M.Si mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya preventif dalam pencegahan dan penanganan kekerasan di lingkungan satuan pendidikan khususnya di Kecamatan Duren sawit dan upaya dukungan kepada penilaian kota layak anak. “Karena sekolah termasuk dalam penilaian kota layak anak dalam menciptakan sekolah ramah anak,” katanya.

Menurutnya, peserta yang hadir kurang lebih 250 orang terdiri dari kepala sekolah, wakasek bidang kesiswaan dan guru BK.

“Harapan saya setelah ini para peserta yang hadir dapat mengimplementasikan di sekolah masing-masing dan kepala sekolah bisa mengetahui bagaimana cara penanganan ketika kekerasan terjadi di sekolah,” jelasnya.

Narasumber dari Komisioner KPAI Dr. Aris Adi Leksono, M.M.Pd memberikan pemahaman kepada para peserta.

Sementara Kasudin Pendidikan Wilayah I Jakarta Timur M. Fahmi mengatakan bahwa kegiatan ini baru dilaksanakan di Kecamatan Duren Sawit.

“Kami Sudin Pendidikan Wilayah I Jakarta Timur sangat mengapresiasi kegiatan ini dan bisa dijadikan contoh kepada wilayah lain untuk melakukan hal yang sama demi terciptanya sekolah ramah anak dan meminimalisir kekerasan yang terjadi di satuan pendidikan, kalau perlu sampai tidak ada,” katanya.

Wakil Camat Duren Sawit Sri Sundari mengatakan memberikan dukungan penuh kepada Satlak Pendidikan Duren Sawit untuk kegiatan sosialisasi pencegahan dan penanganan kekerasan di lingkungan satuan pendidikan ini.

“Semoga dapat menekan angka kekerasan yang terjadi pada sekolah-sekolah khususnya wilayah Duren Sawit. Terima kasih Ibu Farida sebagai Plt Kasatlak Pendidikan Duren Sawit menjadi inisiator acara ini,” tuturnya.

Adapun narasumber kegiatan sosialiasi ini adalah dari Komisioner KPAI Dr. Aris Adi Leksono, M.MPd, Kepala Seksi Sudin PPAPP Rahmat Hidayat, advokat dan psikolog dari PPPA DKI Jakarta. Sementara peserta yang hadir dari SMP, SMA, SMK Negeri dan Swasta di wilayah Duren Sawit.

Selain itu, acara ini juga didukung oleh sponsor dari Bank DKI, Pegadaian, Penerbit Erlangga, PT. Mitra Wacana Media Penerbit dan BAZNAS ZIS Jakarta Timur. (Pahala R)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles