Kamis, Oktober 3, 2024

Pemindahan ASN ke IKN Tunggu Pemerintahan Prabowo

Jakarta, Demokratis

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Azwar Anas mengungkap proses pemindahan aparatur sipil negara (ASN) ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur akan dilaksanakan pada periode pemerintahan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

“Tentu ini keputusan pada pemerintahan baru, tetapi kita telah menyiapkan berbagai skenario terkait perpindahan,” kata Anas seusai di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (2/10/2024).

Azwar Anas menerangkan arahan terbaru dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) ialah menuntaskan semua ekosistem di IKN, terutama terkait infrastruktur penunjang IKN.

Dia mencontohkan sejumlah apartemen telah rampung untuk para ASN. Namun, ada juga infrastruktur lain yang belum selesai. “Misalnya ada lebih 500 unit apartemen selesai. Namun, ada infrastruktur jalan yang kadang masih berdebu,” ungkapnya.

Selain itu, fasilitas penunjang kerja ASN lainnya, seperti sistem digital masih belum dituntaskan.

Azwar mengatakan pihaknya telah menyiapkan berbagai rencana pemindahan ASN ke IKN. Namun,  eksekusinya menunggu arahan Presiden Joko Widodo.

“Semua persiapan terus dimatangkan, termasuk fasilitas perkantoran dan lain-lain yang sekarang menurut kami progresnya cukup menggembirakan,” tandasnya. (EKB)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles