Senin, Oktober 28, 2024

Sumpah Pemuda Ke-96 Tingkat Kab/Kota Sukabumi, Ketua DPRD Kebupaten Sukabumi dan Pj Wali Kota Bacakan Sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI

Sukabumi, Demokratis

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-96 tahun 2024 tingkat Kabupaten dan Kota digelar, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali dan Pj Wali Kota Kusmana Hartadji membacakan sambutan secara tertulis menteri Pemuda dan Olahraga RI, Dito Ariotedjo di tempat berbeda, Senin (28/10/2024). Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 bertajuk “Maju Bersama Indonesia Raya”.

Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali membaca sambutan secara tertulis menteri Pemuda dan Olahraga RI, Dito Ariotedjo, mengajak kepada seluruh pemuda untuk memberikan perhatian yang lebih besar kepada agenda pengembangan kepemudaan sebagai bagian penting dalam pembangunan Indonesia dalam posisi pemuda.

Ia menyampaikan bahwa peringatan Hari Sumpah Pemuda 2024 berbarengan dengan masa transisi pemerintahan baru yang akan mengorkestrasi langkah bangsa Indonesia dalam mewujudkan target pembangunan jangka menengah sebagai landasan pencapaian target pembangunan jangka panjang 2045.

Menurutnya, sebagian pemuda Indonesia telah memiliki kemampuan untuk berpartisipasi aktif dalam beragam sektor pembangunan nasional. Namun, sebagian lain pemuda masih membutuhkan layanan pemberdayaan untuk membangun potensi diri agar semakin berkontribusi.

“Harapan kepada pemuda untuk lebih berperan dalam pembangunan nasional. Karena pada hakikatnya pemuda adalah pemilik masa depan,” imbuhnya.

Menpora menyatakan, peran pemerintah daerah sungguh sangat penting untuk menggerakkan pelayanan kepemudaan. Peran ini diwujudkan dalam bentuk kebijakan dan program kepemudaan yang baik dan berkesinambungan, serta diwujudkan dalam bentuk rencana aksi daerah (RAD) layanan kepemudaan yang berorientasi kepada peningkatan IPP yang disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing.

“Marilah kita bersama membuka kesempatan seluas-luasnya kepada pemuda Indonesia, untuk berpartipasi dalam seluruh dimensi pembangunan indonesia sesuai dengan kompetensi dan passion masing-masing,” pungkasnya.

Usai mengikuti upacara, Bupati Sukabumi H Marwan Hamami menuturkan di momen peringatan tersebut pemuda harus mempersiapkan kemampuan yang mumpuni dalam mendorong pembangunan, serta estafet perjuangan pemuda harus terkondisikan secara baik.

“Yang paling penting bagaimana mereka (pemuda) bisa mengembangkan kemampuan pada dirinya,” tegasnya.

Peran pemerintah daerah, tambah Bupati, sudah seharusnya pemuda didorong lewat kemampuan dirinya dengan fasilitas pemberdayaan yang mumpuni.

“Bagaiamana dari semangat ini pemuda bisa mengimplementasikan tantangan pembangunan yang tengah dihadapi saat ini,” tutupnya.

Di tempat terpisah, Penjabat Wali Kota Kusmana Hartadji membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI, menyampaikan bahwa tema peringatan tahun ini yakni “Maju Bersama Indonesia Raya” mencerminkan semangat kolaborasi dan optimisme pemuda Indonesia menuju kemajuan bangsa.

“Terdapat tiga karakter yang harus diperkuat oleh generasi muda dalam rangka memajukan bangsa pertama kualitas integritas yang tinggi kedua kapasitas keahlian dan intelektual yang cukup mumpuni dan ketiga karakter kepemimpinan yang peduli dan profesional,” katanya.

Penjabat Wali Kota mengharapkan peringatan ini menjadi momentum untuk menguatkan peran pemuda dalam pembangunan.

“Semangat kepemudaan bisa muncul di kita, karena (ini) momentum terbaik dan menghargai peran pemuda. Mudah-mudahan peran pemuda bisa kita fasilitasi dan kuatkan untuk sama-sama membangun Indonesia dan Kota Sukabumi,” pungkasnya. (Iwan)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles