Sabtu, November 23, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Calon Penumpang Nyaris Kena Tipu Calo Pesawat di Bandara Soetta

Jakarta, Demokratis

Satuan Sabhara dan Polsubsektor Terminal 2 Polresta Bandara Soetta berhasil mengamankan salah satu calo tiket di Bandara Soetta yang telah melakukan penipuan terhadap penumpang pesawat, Senin (22/06/2020).

Yakub Situmorang salah satu penumpang pesawat yang telah ditipu oleh seorang calo tiket di Bandara Soetta. Saat dikonfirmasi awak media, Yakub menjelaskan kronologi kejadiannya, awalnya ia meminta tolong petugas untuk dapat membantu menghubungi call center tiket online (Traveloka) untuk refund uang tiket yang sudah dipesan.

Selanjutnya di tempat kejadian ia bertemu dengan seorang pengguna jasa bandara merasa kasihan dengan orang tersebut karena tidak bisa dapat beli tiket di bandara. Selanjutnya ia menawarkan diri membantu untuk booking-kan tiket melalui online Traveloka.

Setelah melakukan pembayaran di Alfamart kedatangan terminal 2, namun pelaku minta korban talangi pembelian tiketnya, pada saat korban mengantri dan membayarkan tiketnya tanpa disadari pelaku menghilang (melarikan diri) korban mencoba mencari pelaku namun tidak berhasil diketemukan.

“Selanjutnya saya melapor ke Polsubsektor Terminal 2 karena merasa telah ditipu oleh pelaku, karena saya sudah tidak punya uang lagi dan saya bingung dan menceritakan kejadian tersebut dan melaporkan kejadian tersebut kepada petugas,” ucap Yakub.

Setelah mendapat laporan selanjutnya, Bribka Aries Munandar (BKO Pospam dari Sat Sabhara Polresta Bandara Soetta), Brigadir Sandi Akbar (Pospol Terminal 2), Briptu Wisnu (Pospol Terminal 2), dan Bribtu Eko Jasmani (Pospol Terminal) segera merespon laporan korban dan melakukan pengecekan CCTV, setelah dilakukan pengecekan CCTV pergerakan pelaku yang hampir saja meninggalkan bandara dapat diamankan petugas. Selanjutnya pelaku atas nama Lukman Hakim bersama korban dipertemukan, setelah dinyatakan pelaku sesuai.

Selanjutnya petugas melakukan interogasi kepada pelaku, dan pelaku bersedia mengganti biaya tiket yang sudah dipesan, selanjutnya pelaku dan korban mediasi dan berdamai. Petugas mengedepankan pemolisian masyarakat (Polmas) dan problem solving (pemecahan masalah) di Polsubsektor terminal.

Atas upaya profesional petugas, selanjutnya korban ingin membuat testimoni ucapan terima kasih atas kepuasan yang dirasakan korban di Medsos IG Polresta Bandara Soetta. (Hariyanto/Albert)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles