Senin, September 16, 2024

Sejarah Facebook Didirikan

Facebook adalah media sosial (medsos) dengan lebih dari 2 miliar pengguna di seluruh dunia. Salah satu sisi menarik dari medsos tersebut yaitu membangun interaksi di antara penggunanya tidak hanya memakai teks, tetapi juga memanfaatkan interaksi dua arah dengan chat dan panggilan video.

Di samping itu, Facebook memiliki layanan untuk membangun interaksi komunitas melalui fitur grup. Facebook mengalami perkembangan sangat pesat. Dari mulanya sebagai medsos dengan anggota terbatas untuk mahasiswa di Universitas Harvard, kini dapat dimanfaatkan oleh semua orang di seluruh dunia. Layanan yang diberikan selalu diupdate dari waktu ke waktu.

Fitur-fiturnya tidak terbatas sebagai ajang mempertemukan banyak orang di seluruh dunia. Medsos ini juga merambah ke fitur bisnis dan periklanan. Tidak heran bila sebagian orang cukup terbantu dengan Facebook untuk tujuan berbisnis seperti jualan online.

 

Sejarah Facebook

Facebook diperkenalkan ke publik oleh Mark Zuckerberg pada 4 Februari 2004. Dia mendirikan Facebook bersama rekan-rekannya yakni Dustin Moskovitz, Chris Hughes dan Eduardo Saverin.

Media sosial ini sebenarnya tidak diperuntukkan untuk umum. Kala itu, medsos yang bernama awal The Facebook tersebut dipakai untuk interaksi terbatas bagi anggota asrama mahasiswa Universitas Harvard. Jangkauan akses Facebook lalu diperluas ke Universitas Stanford, Columbia, dan Yale pada 1 Maret 2004.

Kantor Facebook lalu dipindah dari Harvard ke Palo Alto, California pada 1 Juni 2004. Facebook lalu ditambahkan fitur Facebook Wall tiga bulan setelah itu. Kegunaan Facebook Wall sebagai media pesan dari pemilik akun kepada teman-teman mereka.

Fitur ini menarik minat banyak orang. Bahkan, pengguna aktifnya mencapai lebih dari 1 juta orang per 1 Desember 2004. Sedangkan per 1 Mei 2005, Facebook telah memiliki lebih dari 800 jaringan pergurungan di Amerika Serikat dan Kanada.

Tidak berhenti sampai situ, Facebook lantas meluaskan jaringan ke sekolah menengah atas. Seiring makin meluasnya jaringan ini, nama brand pun diganti dari The Facebook menjadi Facebook dengan domain www.facebook.com.

Facebook telah melakukan banyak perubahan. Perubahan terjadi pada struktur perusahaan hingga teknologi yang diterapkan. Medsos ini seringkali memberikan rilis mengenai perkembangannya melalui Facebook Newsroom. ***

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles