Hingga Mei 2021, pasar otomotif yang merupakan salah satu penggerak industri nasional mengalami pertumbuhan, yang didukung oleh kebijakan pemerintah melalui program insentif diskon pajak yang tengah dinikmati masyarakat Indonesia dalam menstimulus pasar otomotif di tengah kondisi pandemi hingga saat ini.
Pada periode Januari-Mei 2021, retail sales Daihatsu mencapai sekitar 54.000 unit, naik sekitar 14 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2020 lalu.
Sedangkan pada sisi wholesales, penjualan Daihatsu mencapai sekitar 59.000 unit, naik 20 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2020 lalu.
Capaian tersebut membuat Daihatsu tetap berada di peringkat kedua penjualan otomotif nasional dengan market share sebesar 17 persen untul retail sales, dan 18,5 persen untuk wholesales.
Secara total lima bulanan, penjualan ritel Daihatsu didukung oleh tiga model backbone utama, yakni Gran Max PU (Pick Up) sebanyak 15.231 unit (berkontribusi 28 persen), diikuti Sigra 13.353 unit (24 persen), dan Terios 8.298 unit (15 persen).
“Daihatsu bersyukur, penjualan Daihatsu tumbuh sejalan dengan kenaikan pasar. Kami berharap, tren positif ini dapat terus berlangsung dengan capaian yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Terlebih, pemerintah telah memberikan dukungannya berupa insentif diskon pajak demi menstimulus pertumbuhan pasar otomotif,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO). (Rio/Red)