Senin, September 30, 2024

Bupati Tapteng Terima Penghargaan Dari BPJS Kesehatan

Pandan, Demokratis

Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani menerima penghargaan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan atas diikutsertakannya perangkat desa di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sibolga, Bernat Sibarani, S.Kom, MM, AAK, CDCS, didampingi Kepala BPJS Kesehatan Tapanuli Tengah, Ade Irma Suryani, Bukhori Muslim Sinaga (Kepala Bidang Perluasan Pengawasan dan Pemeriksaan Peserta), Elvina Syaprafani Batubara (Kepala Bidang SDM Umum dan Komunikasi Publik), pada acara Senam Sehat HUT KORPRI ke-50, Selasa (26/11/2021) di Lapangan Sepakbola Pandan.

Pada kesempatan itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sibolga, Bernat Sibarani mengatakan bahwa penghargaan yang diberikan BPJS Kesehatan itu, sebagai bentuk apresiasi dari BPJS Kesehatan untuk Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) karena telah mengikutsertakan perangkat desa ke dalam program JKN. Jumlah desa yang sudah terdaftar di Tapteng sebanyak 123 desa dan 736 orang yang terdiri atas kepala desa dan perangkat desa.

Iuran yang dianggarkan untuk Kepala Desa dan Perangkat Desa sebagai Pekerja Penerima Upah sebesar Rp 2.047.759.824 (dua miliar empat puluh tujuh juta tujuh ratus lima puluh sembilan ribu delapan ratus dua puluh empat rupiah).

“Dari besaran anggaran itu, 4% dianggarkan pada APBD tahun 2021 dengan dasar Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 dan turunan Permendagri Nomor 111 Tahun 2019,” kata Bernat Sibarani.

Adapun dasar perhitungan iuran 4% dari gaji kepala desa dan perangkat desa yang ditanggung APBD, dan 1% potong gaji yang menanggung 5 jiwa peserta (1 orang istri/suami, 1 orang dan anak maksimal 3 jiwa) tanggungan BPJS Kesehatan disetarakan gajinya pada ASN golonga I dan II, dengan hak kelas rawat di kelas II sebagaimana sudah diatur pada Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018.

Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan.

Turut menyaksikan Bupati menerima penghargaan itu, Wakil Bupati Tapanuli Tengah Darwin Sitompul, Wakil Ketua DPRD Tapteng Willy Saputra Silitonga, SH, Sekdakab Tapteng, Yetty Sembiring, S.STP, MM, Staf Ahli Bupati, Asisten, dan sejumlah pimpinan OPD Pemkab Tapteng. (MH)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles