Senin, September 30, 2024

Yayasan Saemaul Korea Selatan Serahkan Bantuan Lima Dump Truk Sampah Kepada Lima Desa di Kab. Subang

Subang, Demokratis

Bupati Subang H. Ruhimat alias Kang Jimat menghadiri kegiatan penandatanganan nota kesepahaman kerja sama antara Saemul Globalization Foundation (SGF) dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang, di Kantor Dinas Lingkungan Hidup, Jumat (26/11/2021).

Kegiatan nota kesepahaman tersebut dalam rangka kerja sama Pemda Subang dan SGF sekaligus penyerahan bantuan 5 unit dump truk sebagai sarana pengangkut sampah kepada 5 desa di Kabupaten Subang, yakni Desa Balingbing Kecamatan Pagaden Barat, Desa Sukareja Kecamatan Sukasari, Desa Kertajaya Kecamatan Tambakdahan, Desa Gunungtua Kecamatan Cijambe dan Desa Wantilan Kecamatan Cipeundeuy.

Kadis DLH Rona Mairansyah, AP., M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Subang telah sepakat untuk bekerja sama dengan SGF dalam berbagai bidang. Salah satu di antaranya adalah mengenai pengelolaan sampah berbasis 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dengan berbagai sarana dan prasarananya.

Direktur SGF Mr. Seunghoon Hong menyampaikan bahwa SGF dan Pemda Subang telah menjalin kerjasama selama 5 tahun lamanya. Kerja sama tersebut adalah kerja sama program pengelolaan sampah di 1 desa percontohan yaitu Desa Tanjungwangi.

“Dengan adanya dukungan, akhirnya SGF mengembangkan pengelolaan lingkungan untuk 5 desa. Pembangunan TPS3R di 5 desa akan selesai pada Desember mendatang,” ujarnya.

Sementara itu, Kang Jimat menyampaikan rasa bangga dan terima kasihnya kepada SGF. Dirinya juga menyampaikan ucapan selamat kepada 5 desa atas bantuan TPS3R yang telah diberikan.

Dia menyampaikan bahwa program kerja sama ini akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi Kabupaten Subang. Kang Jimat berharap kerja sama yang telah terjalin tidak berakhir.

Selain itu, Kang Jimat berharap dampak atas program tersebut dapat merubah mindset, moral serta mental masyarakat mengenai pengelolaan sampah yang positif.

Dia mengatakan akan siap membantu mengembangkan kerja sama dan menambah apa yang menjadi kekurangan atas program TPS3R tersebut. Dirinya berpesan kepada para kepala desa, untuk selalu menjaga apa yang telah diberikan.

“Nitip ke kepala desa, tolong jaga dan rawat dengan baik,” pesan Kang Jimat.

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan pendatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh Kang Jimat dan Direktur SGF Mr. Seunghoon Hong juga oleh para kepala desa penerima bantuan, serta paparan Ibu Erna dari YGSI kantor Indonesia yang memaparkan mengenai progres pembangunan TPS3R di 5 desa di Kabupaten Subang.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Sekda Subang, Kadis DLH beserta jajaran, Kadis PUPR, Kadis Pemdes, Ketua TP PKK, Ketua DWP, para Camat dan Kades penerima bantuan, serta Direktur Saemul Globalization Foundation beserta jajaran. (Abh)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles