Rabu, Oktober 2, 2024

Hari Depan ASEAN

Lebih dari 400 juta populasi penduduk berkonsentrasi di ASEAN. Wajar wilayah ini menunjukkan kemajuan di pelbagai bidang. Baik ekonomi, politik dan olahraga.

Sebagai negara yang dalam posisi baru bisa dikatakan kebersamaan kelompok ASEAN meningkat. Bahkan ada istilah mengkategorikan meningkat atau maju. Hal itu dikaitkan dengan SEA Games Vietnam.

Berdiri tahun l967 di Kuala Lumpur Malaysia, ASEAN sekarang terdiri kumpulan 10 negara kini mendapat perhatian. Walau pada awalnya diagungkang mampu mempersatukan dan meningkat prestasi olahraga.

ASEAN berkenaan dengan persatuan antara sesama dapat ditunjukkan sikap bersama pada Myanmar (dulu Burma). Mengharapkan memperhatikan rakyatnya. Mendukung suatu sistem   sipil.

Selama ini dianggap lebih berpihak pada diktator militer dengan perilakunya. Yang diharapkan melaksanakan sistem pemerintah sipil. Secara sepakat negara ASEAN yang terdiri dari 9 negaranya kecuali Myanmar sendiri yang menolaknya.

Itupun hanya sebagian saja, yang lain dari rakyatnya mendukung sistem sipil. Akibatnya negara itu terpecah jadi dua sistem. Hingga tidak stabil. Terjadi kacau balau. Satu pihak pro demokrasi, lainnya pro diktator militer.

Sementara pemerintahan yang sekarang ini tetap dipegang dan dikendalikan oleh militer. Artinya  masih eksis dalam menjalankan pemerintahan. Meski di sana sini ada pergolakan.

Berkenaan dengan prestasi ASEAN dapat melangkah maju. Seperti sekarang ini di bidang olahraga sedang berlansung SEA Games ke-31 di Hanoi Vietnam. Beberapa prestasi olahraga terlihat banyak kemajuan yang dicapai.

Sejauh ini telah terkumpul medali di pelbagai bidang. Sementara ini tuan rumah yakni Vietnam telah menggumpulkan 328 medali dan Indonesia nomor peringkat keempat sebanyak 160 medali.

Banyak bidang olahraga seperti sepakbola, bulu tangkis dan renang. ASEAN telah mendapat perhatian dunia. Ada kemajuan penting. Misalnya olahraga Vietnam, Malaysia dan Singapura. Di bidang bulu tangkis Indonesia dan Malaysia.

Maka tidak salah kalau dikatakan bahwa ASEAN bertambah maju masa sekarang. Mengimbangi wilayah dunia lain seperti Eropa. Bidang persatuan politik dan olahraga.

Meski negara ini bekas jajahan—kecuali Thailand—harapan masa depan ASEAN bertambah maju lagi. Tetap sama menganut prinsip memperoleh kemajuan. Bidang-bidang politik maupun olahraga dan bidang lainnya.

Jakarta, 15 Mei 2022

*) Penulis adalah Doktor Dosen Univeristas Muhammadiyah Prof DR Hamka (UHAMKA) Jakarta. e-mail: masud.riau@gmail.com

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles