Jumat, September 20, 2024

Launching Destinasi Wisata Udara Aerotourism Banyuwangi Kolaborasi Dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi

Banyuwangi, Demokratis

Akademi Penerbang Indonesia (API) Banyuwangi bersama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi dalam acara peresmian program baru Destinasi Wisata Udara Aero Tourism Banyuwangi. Peresmian dilakukan di Bandar Udara Internasional Banyuwangi oleh Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, Sabtu (4/6/2022).

Turut hadir menyaksikan peresmian tersebut antara lain, Wakil Bupati Banyuwangi H. Sugirah, Kepala LKPP Abdullah Azwar Anas, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi Mohamad Yanuarto Bramuda, S.Sos, MBA, MM, Plt. Kepala Dinas Perhubungan Banyuwangi Drs. Dwi Yanto, Direktur API Banyuwangi Capt. Ahmad Hariri, Executive General Manager Bandar Udara Banyuwangi Indrawansyah, beserta jajaran Forkopimda Kab. Banyuwangi.

Direktur API Banyuwangi Capt. Ahmad Hariri menyampaikan, Program Destinasi Wisata Aerotourism selaras dengan program Banyuwangi Rebound seperti yang telah dikemukakan oleh Bupati Banyuwangi untuk melakukan optimalisasi perekonomian melalui sektor pariwisata setelah pandemi dan pihaknya berharap kolaborasi API Banyuwangi bersama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi dapat meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung ke Banyuwangi.

“Melalui proses terbitnya sertifikasi OC 91-029, terbentuknya Downwind Aerotour & Club yang diwadahi oleh Federasi Aero Sport Indonesia (FASI), kolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Banyuwangi, Sosialisasi Ijen Geopark untuk Pilot Aerotourism serta Tour & Travel, kolaborasi dengan Airnav Indonesia selaku pengelola navigasi udara dan PT. Angkasa Pura II selaku pengelola Bandar Udara serta terbang perdana (Joyflight/Aerotour). API Banyuwangi melalui Downwind Aerotour & Club, merupakan sebuah langkah inovasi sebagai Instansi Pemerintah yang menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum dan melalui kolaborasi bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi untuk terus mengembangkan potensi/optimalisasi aset yang dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” katanya.

Dengan diresmikannya Destinasi Wisata Aero Tourism Banyuwangi ini, dimaksudkan untuk memperkenalkan dan mengembangkan potensi wisata di Banyuwangi melalui sisi udara dan mendukung pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pasca pandemi Covid-19 sehingga dapat menumbuhkan minat wisatawan untuk berkunjung ke Banyuwangi, hubungan baik antar instansi pemerintah ini harus terus dilakukan sebagai bentuk pelayanan publik. (PW)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles