Senin, September 30, 2024

AJMI Kota Sukabumi Gelar Rakor Tahun 2022 Bersama Puluhan Insan Pers Kota Sukabumi

Sukabumi, Demokratis

Asosiasi Jurnalis Kota Sukabumi (AJMI) sebagai wadah organisasi kewartawanan di wilayah Kota Sukabumi menggelar kegiatan rapat koordinasi (rakor) untuk meningkatkan kapasitas jurnalistik dalam mewujudkan kondusifitas pembangunan Kota Sukabumi di Sekretariat LPM Kota Sukabumi, Jumat (23/12/2022).

Rakor di akhir tahun 2022 ini dibuka langsung oleh perwakilan Diskominfo Kota Sukabumi melalui Kabid Kominfo Tantan, serta dihadiri oleh Ketua AJMI Kota Sukabumi, Amir Mahpud (Abah Digma), Ketua Harian Hendrik Santoso, para pengurus AJMI dan puluhan insan pers.

Kabid Kominfo Kota Sukabumi Tantan mengatakan peranan jurnalis/insan pers khususnya di Kota Sukabumi sangat diperlukan sebagai mitra kerja sama dengan pemerintah dalam pembangunan dan sebagai fungsi kontrol sosial masyarakat sesuai dengan UU Pers Nomor 40 Tahun 1999 dan Kode Etik Jurnalistik (KEJ) yang merupakan pedoman dalam melaksanakan kegiatan jurnalistiknya.

“Asosiasi Jurnalis Kota Sukabumi (AJMI) yang terbentuk sejak tahun 2010 dan sudah mengantongi ijin Kemenkumham AHU-0000765.AH.01.07. AJMI Kota Sukabumi diharapkan dapat memberikan edukasi dan pemahaman terkait kaidah jurnalistik bagi rekan-rekan insan pers dan sekaligus menangkal pemberitaan yang tidak bisa dipertanggung jawabkan (hoax) sehingga kondisifitas pun dapat terjaga di masyarakat,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Harian AJMI Kota Sukabumi Hendrik Santoso, menyampaikan sekaligus mengimbau kepada insan media yang tergabung di dalam AJMI di Kota Sukabumi sabagaimana peran insan pers agar tetap menjalankan tupoksinya sebagai jurnalis yang profesional dan berpedoman pada Kode Etik Jurnalistik dan UU Pers Nomor 40 Tahun 1999.

“Dengan keberadaan AJMI di Kota Sukabumi ini kita berjuang untuk meningkatkan profesionalitas insan pers yang tergabung di AJMI dan bersinergi dengan seluruh stakeholders untuk membangun Kota Sukabumi lebih baik,” katanya sembari menambahkan, untuk membangun Kota Sukabumi yang lebih baik tentunya harus berkolaborasi, bersinergi dengan seluruh elemen masyarakat, lembaga, maupun unsur pemerintahan.

Kemudian Ketua AJMI Periode 2019-2022 Amir Mahpud yang akrab dipanggil Abah Digma juga meminta agar AJMI semakin maju dan lebih profesional dalam menjalankan roda organisasi.

“Saya berharap agar setelah kepemimpinan saya habis dan digantikan oleh Ketua Harian Hendrik Santoso ini dapat lebih maju dan dapat memberikan kontribusi positif bagi Kota Sukabumi,” pungkasnya. (Iwan)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles