Minggu, September 29, 2024

SDN Cibeureum Hilir CBM Kota Sukabumi Gelar Pelepasan Kelas VI dan Kenaikan Kelas I-V

Sukabumi, Demokratis

Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cibeureum Hilir Citra Bina Mandiri (CBM) menggelar perpisahan dan pelepasan siswa-siswi kelas VI sebanyak 114 orang sekaligus bersamaan kenaikan kelas I-V dilaksanakan di halaman sekolah Jl Pembangunan Kelurahan Babakan, Kecamatan Cibereum, Kota Sukabumi, Sabtu (24/6/2023).

Kegiatan perpisahan, pelepasan dan kenaikan kelas SDN Cibereum Hilir (CBM) Kota Sukabumi ini mengusung tema “Bral Hidep Geura Lumampah Ngampak Ngamah Nereuskeun Hanca, Bage’a Hidep Nu Anyar Datang Pikeun Ngarojong Kurikulum Merdeka“.

Acara dihadiri serta disaksikan perwakilan Dinas Pedidikan Kota Sukabumi, unsur Muspika Kecamatan Cibereum, Babinsa, Babinkantibmas, seluruh orang tua siswa-sisiwi dan masyarakat lainnya.

Kepala Sekolah SDN Cibeureum Hilir CBM Kota Sukabumi Miptahudin, S.Pd mengatakan, kegiatan ini merupakan penutupan akhir pelajaran tahun 2022/2023 dan SDN Cibeureum Hilir CBM mengegelar perpisahan pelepasan siswa-siswi kelas VI sebanyak 114 orang semuanya lulus 100 persen serta sekaligus acara kenaikan kelas I-V.

“Dikarenakan sudah menjadi kultur masyarakat selaku orang tua siswa-siswi kelas VI sudah lulus dari sekolah asal, agar terkesan ada kenangan sehingga lahirlah kegiatan ini, sebetulnya bagi pihak sekolah tidak ada hal yang wajib karena kami tupoksi sifatnya mengawasi, mengisi di buku laporan pendidikan, mengisi nilai di buku ijazah kelulusan dan membagikan kepada siswa-siswi kelas VI sudah sampai di situ kewajiban bagi pihak sekolah,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan inisiatif orang tua siswa melalui komite sekolah sehingga SDN Cibeureum Hilir CBM mengakomodirnya sehingga kegiatan ini bisa dapat lebih bermanfaat dan juga bisa membekas pada diri pribadi siswa-siswi dan menjadikannya sebagai kenangan seumur hidup.

“Karena bagaimanapun sekolah paling lama berjalan di tingkat SD sampai 6 tahun dibandingkan dengan sekolah tingkat SMP/SMA yang hanyah 3 tahunan. Mudah-mudahan apa yang sudah kami berikan serta membekali ilmu berguna baik kepada dirinya maupun bermanfaat bagi orang lain walaupun bagaimana mereka adalah generasi milenial, generasi emas ke depanya yang bisa mengisi kemajuan bangsa ini, di pundak merekalah kita harapkan menjadi para pemimpin setelah kami-kami beberapa dekade lagi sudah hilang di permukaan,” lanjutnya.

Kepala Sekolah SDN Cibeureum Hilir CBM Kota Sukabumi Miptahudin, S.Pd.

Sementara dengan beralihnya status sekolah ini dari sekolah konfensional SDN Cibeureum Hilir 5, maka sejak bulan Februari tahun 2023 dijadikan SDN Cibeureum Hilir CBM Kota Sukabumi, hal ini merupakan bukti perjuangan para anggota sekolah, komite dan masyarakat, termasuk pihak dari Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) yang sangat mendukung, karena dari sejak awal dibangun sekolah ini sudah bernama SDN Cibereum Hilir 5 CBM asalnya.

“Cuman ada satu dan lain halnya permasalahan maka hilanglah CBM-nya atau belum tumbuh, nah sekarang kami coba kembali menyirami supaya tumbuh kembali, alhamdulillah tumbuh kembali secara mulus,” jelasnya.

Begitu juga pada saat dilaksanakan peresmian SDN Cibeureum Hilir CBM langsung oleh Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi serta didampingi oleh Kadis Pendidikan Moch Hasan Asyari, maka resmilah sejak itu di bulan Februari 2023 menjadi SDN Cibeureum Hilir CBM, mudah-mudahan sekolahnya juga terus dapat keberkahan menjadi sekolah yang paling maju di wilayah Kecamatan Cibeureum.

“SDN Cibeureum Hilir CBM ini sudah muncul beberapa indikator mengenai dengan peraihan kejuaraan lainnya baik tingkat SD maupun diselenggarakan Dinas Pendidikan Kota, banyak nampak bukti fisiknya piala yang berjajar di sekolah ini karena potensi anak-anak serta bakatnya banyak mempuni di bidang dan keahlianya,” katanya.

Sementara SDN Cibeureum Hilir CBM, tambah Miptahudin S.Pd, siswa-siswi yang mayoritas dari wilayah Kabupaten Sukabumi dikarenakan sekolahnya ada di tapal batas dengan wilayah Kota Sukabumi dari arah timur, mulai dari Kecamatan Cimangkok, Sukalarang, Sukaraja dan lainya.

“Kami terima sepanjang daya tampung masih ada selagi kuotanya masih bisa kami fasilitasi siapapun mereka, selagi warga negeri Indonesia sepanjang memenuhi persaratan untuk masuk SD minimal di usia 7 tahun kami fasilitasi tidak melihat dari mana asalnya sekali pun memang prioritas mengunakan pola zonasi,” ungkapnya.

“Adapun imbauan dari pihak sekolah khususnya kepada siswa-siswi kelas VI yang sudah lulus di SDN Cibeureum Hilir CBM agar tetap melajutkan sekolahnya ke jenjang SMP sederajat dalam rangka mendukung program pemerintah Wajar Dikdas  9 tahun dan berharap siswa-siswi tidak selalu melajutkan sekolahnya yang dikatakan kategori sekolah SMP favorit, dimana pun sekolah itu sama guna dan tujuannya, siswa berprestasi bukan diukur dari sekolahnya melainkan diri kita yang mencetak prestasi itu,” pungkasnya.

Sementara Ketua Komite SDN Cibeureum Hilir CBM Yayat Supriatna mengucapkan terima kasih atas peran serta semua sehingga kegiatan ini dapat berajalan dengan lancar dan sukses. “Khususnya kepada orang tua siswa, para tamu undangan yang hadir di acara kegiatan perpisahaan siswa-siswi VI dan kenaikan kelas I-V baik dari perwakilan Dinas Pendidikan Kota Sukabumi, Muspika Kecamatan Cibeureum, Babinsa, Babinkantibmas, tokoh masyarakat, hingga kegiatan ini bisa terlaksana berjalan dengan lancar dan aman,” tandasnya. (Iwan)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles