Minggu, September 29, 2024

Peringati Maulud Nabi Besar dan Hari Lansia se-Dunia, KPL Kota Tasikmalaya Adakan Sungkem Massal Antar Generasi Muda ke Lansia

Kota Tasikmalaya, Demokratis

Dalam memperingati Maulud Nabi Besar Muhammad SAW dan Hari Lansia Se-Dunia, Komunitas Peduli Lansia (KPL) Kota Tasikmalaya mengadakan ‘Sungkem Massal Antar Generasi Muda Ke Lansia’ dan santunan kepada lansia yang dihadiri ratusan orang lansia di Saung Pedati Kelurahan Ciakar Kecamatan Cibeureum-Kota Tasikmalaya, Ahad (1/10/2023).

Dikisahkan H. Rae Suryana selaku kapasitas pemrakarsa Komunitas Peduli Lansia Kota Tasikmalaya. Diadakannya acara ini sebetulnya mendadak meskipun KPL ini sudah didirikan 2 tahun yang lalu, hal itu karena dirinya baru tahu ada Hari Lansia Nasional dan Dunia.

H. Rae Suryana, Pemrakarsa Komunitas Peduli Lansia Kota Tasikmalaya. Foto-foto: Demokratis/Eddinsyah

“Saya adakan acara ini karena berkaca pada pengalaman bersama keluarga semasa kecil. Saya ditinggal ayah ketika masih usia 5 tahun. Dari situ, saya selalu menyambung silaturahmi dengan teman-teman ayah saya,” ucap H. Rae Suryana yang akrab disapa Aci kepada wartawan.

Disebutkannya, acara ini juga sering dilakukannya, istilahnya ini ‘Lebaran Aki-Aki’ (Lebaran Kakek-Kakek-red).

“Saya coba undang beberapa orang lansia, karena saya anggap ini adalah teman-teman ayah saya. Ini sebagai pengingat bahwa kita harus hormat kepada orang tua kita. Hormat kepada orang tua itu adalah harga mati,” tegasnya.

Lanjut dia, sungkem massal ini merupakan mengingatkan kita kepada orang tua. Sebajingan atau sejahat apapun orang tua kita tetap harus dihormati dan berbakti.

“Saya juga setuju tidak semua perintah orang tua harus dituruti. Namun apapun alasannya jangan sampai melukai perasaannya, dan itu dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Mudah-mudahan pesan moral ini bisa tersampaikan pada mereka agar selalu hormat pada orang tua,” jelasnya. (Eddinsyah)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles