Jumat, September 20, 2024

Kesbangpol Kota Tasikmalaya Adakan Diklat Penguatan Ideologi Kebangsaan Bagi Pemuda Pancasila, Implementasikan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Kota Tasikmalaya, Demokratis

Dengan mengusung tema ‘Ideologi Kebangsaan Merupakan Kebutuhan Yang Mendasar Bagi Pemuda’, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Tasikmalaya mengadakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Penguatan Ideologi Kebangsaan Bagi Pemuda Pancasila di Hotel City Jln. Sukalaya Kota Tasikmalaya, Kamis (25/1/2024). Demikian disampaikan Ajat Sudrajat, S.Sos, M.Si, Kepala Bidang yang mewakili Kepala Badan kepada wartawan usai acara yang diikuti para Pengurus Pemuda Pancasila se-Kota Tasikmalaya.

Wawasan Kebangsaan menurutnya, merupakan kebutuhan yang mendasar. Karena wawasan kebangsaan adalah cara pandang Bangsa Indonesia terhadap dirinya dan lingkungannya yang berlandaskan kepada konsensus yakni Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI dengan mengutamakan kesatuan dan persatuan.

“Kami berharap, setelah mengikuti kegiatan ini, mereka dapat mengimplementasikan wawasan kebangsaan dalam kehidupannya sehari-hari,” ucap Ajat.

Di tempat yang sama, Edwin Adiwinata Ketua Pemuda Pancasila Kota Tasikmalaya mengatakan, kegiatan ini adalah bagian dari penguatan ideologi.

“Kita sedang berproses untuk melakukan  penguatan organisasi agar semakin solid,” sebutnya.

Di samping itu, lanjut dia, adanya kegiatan ini juga untuk mempererat tali silaturahmi antar anggota dan menciptakan rasa memiliki anggota kepada organisasi itu sendiri.

“Hari ini Pemuda Pancasila adalah pengawal dan pengaman Pancasila. Bagaimana Pemuda Pancasila itu menjadi garda terdepan mengawal Pancasila dan mengimplementasikan apa yang menjadi ideologi di Pancasila,” terangnya.

Masih kata Edwin, hari ini pihaknya mencoba untuk menanamkan hal itu agar organisasi ini bisa lebih baik dan lebih solid lagi, serta bagaimana caranya membangun organisasi Pemuda Pancasila yang sudah berusia 64 tahun berevolusi dan berproses jauh lebih baik ke depannya, paparnya.

Masih di tempat yang sama, Ahmad Junaedi Sakan Anggota DPRD Kota Tasikmalaya menuturkan, sebentar lagi menjelang hajat demokrasi pihaknya berharap, Pemuda Pancasila ikut menjaga kondusifitas, ketertiban dan menjaga berjalannya hajar politik lima tahunan ini.

“Minimalnya para Pengurus Pemuda Pancasila Kota Tasikmalaya ini diberikan wawasan kebangsaan untuk mensolidkan dan ikut berpartisipasi dalam menjaga demokrasi,” ujar Politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa ini kepada awak media. (Eddinsyah)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles