Minggu, September 29, 2024

Bawaslu Kota Tasikmalaya Lantik 30 Orang Panwascam, Minta Ajak Masyarakat Menjadi Pengawas Partisipatif di Pilkada 2024

Kota Tasikmalaya, Demokratis

Sebanyak 30 orang Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Tingkat Kecamatan se-Kota Tasikmalaya dilantik oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tasikmalaya. Dari yang dilantik tersebut, 29 orang di antaranya Panwaslu eksisting pada saat Pemilihan Umum dan 1 orang yang baru. Demikian disampaikan Zaki Pratama, Ketua Bawaslu Kota Tasikmalaya di salah satu hotel di Jln. RE. Martadinata Kota Tasikmalaya, Jumat (24/5/2024).

Pihaknya berharap para Panwaslu ini bisa menjaga integritas, profesionalitas sebagai Pengawas Pemilu di tingkat kecamatan.

Zaki Pratama, Ketua Bawaslu Kota Tasikmalaya. Foto-foto: Demokratis/Eddinsyah

“Panwascam ini nantinya akan menjadi garda terdepan untuk melakukan pengawasan setiap tahapan Pilkada 2024,” ucapnya kepada wartawan usai pelantikan.

Disebutkan Zaki, ada 29 orang Panwaslu eksisting yang kemarin di Pemilu 2024, sementara ada 1 orang yang baru, oleh karena yang satu orang tersebut sudah masuk ASN PPPK.

Di samping itu, pihaknya juga mengakui potensi kerawanan di Pilkada itu yang sangat rentan dilakukan, seperti netralitas ASN, pidana umum maupun politik. Maka itu, untuk mengantisipasi tindakan tersebut, Bawaslu Kota Tasikmalaya akan melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif.

“Diperlukan masyarakat untuk diajak menjadi pengawas, selain ada pengawas lebih ditingkatkan hingga ke TPS. Diharapkan, masyarakat bisa menjadi pengawas partisipatif di Pilkada 2024 mendatang,” jelasnya. (Eddinsyah)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles