Selasa, Oktober 1, 2024

Dinas Pertanian Kabupaten Bandung Tingkatkan Produktivitas Pertanian Lewat Berbagai Bantuan ke Kelompok Tani

Bandung, Demokratis

Upaya pemerintah untuk memajukan masyarakat di sektor pertanian sangatlah diprioritaskan, berbagai bantuan untuk pertanian sudah dialokasikan oleh pemerintah baik pusat, provinsi maupun daerah.

Di tahun anggaran 2024, Pemkab Bandung melalui Dinas Pertanian menerima bantuan dari pemerintah pusat berupa bantuan JUT (jalan usaha tani holtikultura), bantuan revitalisasi RMU yang dikerjakan oleh pihak ke-3 dan bantuan Irigasi Perpompaan Besar (Rumah Pompa).

Bantuan tersebut sudah dijalankan oleh masing-masing kelompok tani dan alhamdulilah proses pekerjaanya berjalan dengan baik sesuai dengan petunjuk teknis dan arahan dari Dinas Pertanian Kabupaten Bandung melalui kinerja PPL, Koordinator PPL Kecamatan, Tim Teknis Kabupaten yang secara kontinue memonitoring jalannya pekerjaan bantuan pertanian.

Salah satu bantuan yang proses pekerjaanya sudah selesai misalnya bantuan JUT (jalan usaha tani) holtikultura dari APBN tahun 2024 merupakan prasarana transportasi pada kawasan pertanian (tanaman pangan, holtikultura, perkebunan) untuk memperlancar pengangkutan sarana produksi menuju lahan pertanian dan mengangkut hasil produksi petani dari lahan pertanian.

Terkait upaya penanganan kekeringan pemerintah juga menyalurkan bantuan Irigasi Perpompaan Besar (Rumah Pompa) dari APBN 2024 diberikan untuk membantu para petani dalam menanggulangi kekeringan sehingga para petani akan lebih mudah mendapatkan saluran air untuk mengairi lahan sawah atau lahan pertaniannya.

Menurut keterangan salah satu petani Ujang Mahyar dari Kelompok Tani Wargi Saluyu 5 mengatakan, Alhamdulillah dengan bantuan rumah pompa terutama untuk padi di musim kemarau ini dapat diselamatkan sehingga kalau ada gagal panen akan sedikit mengalami kegagalannya.

Begitu juga Kelompok Tani Bibilintik Kecamatan Rancaekek rumah pompanya sudah dapat dirasakan azas manfaatnya oleh petani dan pendapatan IP semakin meningkat, tutur Herdi. Dan kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah khususnya Dinas Pertanian Kabupaten Bandung yang selalu memberikan arahan dan memonitor pekerjaan sampai bantuan ini selesai.

Begitu juga menurut Jujun dari Kelompok Tani Palipurna 9 mengatakan hal yang sama mengucapkan terima kasih kepada pemerintah khususnya Dinas Pertanian Kabupaten Bandung, PPL dan Koordinator PPL Kecamatan, juga Tim Teknis Kabupaten dengan diberikannya bantuan JUT kepada kelompok kami semakin mempermudah proses pendistribusian hasil produksi petani, ujarnya.

Dengan dilaksanakannya pembangunan jalan usaha tani dan pengadaan rumah pompa diharapkan proses mobilisasi alat pertanian juga produksi pertanian akan lebih lancar sehingga dapat mengurangi biaya produksi seperti ongkos angkut dan harga komoditas pertanian menjadi lebih baik. (Rsn)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles