Minggu, September 29, 2024

Rolls-Royce Tengah Kembangkan SUV Bertenaga Listrik

Produsen mobil mewah Rolls-Royce dilaporkan tengah mengembangkan SUV bertenaga listrik setelah memulai penjualan mobil listrik pertamanya tahun lalu dalam bentuk sedan sport bernama Spectre.

Mengutip Motor Authority, Rolls-Royce tidak berpuas diri mengembangkan mobil listrik (EV) meski Spectre laris manis karena pesanan sudah terpenuhi hingga 2025 sebelum produksi dimulai setahun lalu.

Kabar ini tidak terlalu mengejutkan karena Rolls-Royce selama peluncuran Spectre di 2022 telah mengumumkan rencana untuk menjual EV secara eksklusif pada akhir tahun 2030, meski makin banyak produsen mobil yang membuat janji serupa telah menarik kembali pernyataannya karena pertumbuhan permintaan EV yang lebih lambat dari yang diharapkan.

Menurut laporan, Rolls-Royce akan meluncurkan SUV listrik pada awal 2027. Kabarnya, SUV ini akan lebih kecil dari Cullinan saat ini tetapi masih berada dalam kategori ukuran penuh.

Selain SUV, Rolls-Royce juga berencana menghadirkan sedan bertenaga listrik. Sedan tersebut kabarnya akan hadir pada akhir 2028 sebagai pengganti Phantom.

Tidak jelas apakah sedan ini akan mengadopsi platform EV khusus atau menggunakan arsitektur rangka aluminium Rolls-Royce saat ini, yang menopang model gas produsen mobil tersebut serta Spectre.

Namun, kemungkinan kendaraan tersebut akan memiliki jangkauan lebih panjang daripada Spectre yang mampu dipacu sejauh 425 kilometer, karena kemajuan dalam teknologi baterai.

Perusahaan induk Rolls-Royce, yakni BMW Group akan segera meluncurkan generasi baru EV BMW yang akan memberikan peningkatan jangkauan sebesar 30 persen berkat baterai baru dengan sel silinder (bukan sel prismatik saat ini).

Sebelum EV barunya tiba, Rolls-Royce diharapkan meluncurkan versi performa Black Badge dari Spectre tahun depan, dan memberikan penyegaran pertengahan siklus pada mobil coupe listrik tersebut pada 2027.

 

Produsen Mobil Mewah

Rolls-Royce merupakan salah satu merek mobil mewah yang paling terkenal di dunia. Mobil ini menjadi simbol kemewahan, prestise, dan kualitas yang tinggi.

Bukan cuma sekadar mewah, mobil dari pabrikan asal Inggris ini juga seperti mewakili kelas tertentu yang tidak semua orang menggapainya. Karena itu jangan heran kalau mobil ini menjadi pilihan keluarga bangsawan, pengusaha besar, selebritas, sampai pejabat negara.

Di Indonesia, mobil Rolls-Royce yang paling murah adalah Ghost, yang harganya berkisar antara Rp18 miliar hingga Rp25 miliar, tergantung dari varian dan tahun pembuatannya.

Adapun mobil Rolls-Royce yang paling mahal adalah Phantom, yang harganya berkisar antara Rp20 miliar hingga Rp30 miliar, juga tergantung dari varian dan tahun pembuatannya. (Rio)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles