Senin, Oktober 28, 2024

SMKN 1 Cibadak Menggenjot Link and Match

Sukabumi, Demokratis

Kenyataan bahwaSMK menyumbangkan pengangguran terbesar sebagaimana catatan BPS, rupanya membuat penasaran dan geregetan, sekaligus menjadi refleksi (instropeksi) bagi SMKN 1 Cibadak. Terlebih salah satu penyebab utamanya ialah terjadinya mismatch tamatan. Adanya kekurang sesuaian antara kompetensi lulusan SMK dengan tuntutan dan kebutuhan industri, dunia usaha dan dunia kerja (Iduka).

Oleh karena itu, SMKN 1 Cibadak terus melakukan berbagai langkah dan upaya untuk menggenjot dan terus menyempurnakan kurikulum satuan pendidikan serta proses pembelajarannya guna mewujudkan link and match dengan Iduka. Salah satunya dengan memperkuat dan memperluas kerjasama dengan berbagai pelaku industri dan dunia kerja.

Terutama dalam dua tahun terakhir ini, SMKN 1 Cibadak secara masif melakukan kerjasama di berbagai bidang dengan berbagai kalangan, terutama dengan Iduka.

Penandatanganan MoU SMKN 1 Cibadak dengan PT Torabika Eka Semesta.

Setelah berhasil bekerjasama dalam penyelenggaraan teaching industri (dalam bentuk kelas industri) dengan PT Akasha Wira International (Tbk.) Plant Benda dan Indokopi Makmur Sentosa Tangerang Indonesia (2023), SMKN 1 Cibadak masih terus menjalin kerjasama mutualisme baik secara kualitatif maupun kuantitatif.

Dalam dua bulan terakhir ini saja, berhasil melakukan penandatanganan MoU dengan sekurangnya empat industri, yaitu PT Milko Baverage Industry Bogor, PT Kalbe Milko Bogor, BBPKH Cinagara Bogor Jawa Barat.

Belum lama ini, tepatnya pada hari Rabu, 23 Oktober 2024, Kepala SMKN 1 Cibadak Kab. Sukabumi dengan didampingi oleh Waka Bidang Humas/Hubungan Kerjsama Industri (HKI) melakukan penandatanganan Naskah Kesepahaman (MoU) dengan PT Torabika Eka Semesta. Salah satu Perusahaan Mayora Group yang merupakan perusahaan di bidang food & baverages terbesar di Indonesia.

Penandatanganan berlangsung di Learning Centre Mayora Indonesia, berkedudukan di Jalan raya Serang KM. 18 Cengkareng Jakarta 11980 Indonesia, Factory Jl. Raya Serang KM.12,5 Kel. Bitung Jaya, Kec. Cikupa Tangerang.

Mewakili pihak PT Torabika Eka Semesta adalah Heri Soesanto selaku Corporate HR & GA Direktur, sedangkan dari SMKN 1 Cibadak oleh Iwan, S.Pd., selaku Kepala SMKN 1 Cibadak Kab. Sukabumi. Sedangkan selaku saksi dari PT Torabika Eka Semesta adalah manager HRD Paula Edeltrudis dan dari SMKN 1 Cibadak, Moh. Khoiron, S.Pd., M.Pd. selaku Humas/Hubungan Kerjasama Industri (HKI).

Hubungan kerjasama yang ditandai dengan penandatanganan MoU ini sangat strategis dalam kerangka mewujudkan link and match, karena mencakup berbagai aspek (8 aspek), di antaranya penyediaan instruktur/guru tamu, magang siswa/alumni, praktik kerja lapang (PKL) bagi peserta didik, narasumber dalam penyusunan dan penyelarasan kurikulum, dan rekruitmen tenaga kerja dari alumni SMKN 1 Cibadak Kab. Sukabumi. (Khoioron/Iwan)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles