Rabu, Juni 19, 2024

Cikampek Lebih Populer Daripada Karawang, Benarkah?

Karawang, Demokratis

Ada beberapa pertanyaan yang sering terlontar:

“Cikampek itu apanya Kota Karawang?”

“Cikampek itu Karawang, ya?”

Atau “Karawang di mananya Cikampek?”

Setiap kali mendengar pertanyaan semacam itu yang sering terlontar dari teman atau kenalan, logikanya seolah Cikampek bukan salah satu kota yang berada di Kabupaten Karawang. Dan seharusnya lebih mengenal Kota Karawang ketimbang Cikampek. Kenapa? Karena Karawang adalah Kota Sejarah Pangkal Perjuangan tempat di mana dibacakannya Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Rengas Dengklok pada 17 Agustus 1945 yang sebentar lagi kita Bangsa Indonesia merayakannya.

Namun nyatanya terkadang tidak begitu, pamor Cikampek kadang lebih populer ketimbang induk kotanya. Malah Karawang diketahui karena ada goyangannya (Goyang Karawang), karena ada lagunya. Sedang letaknya di mana, jarang yang tahu.

Beberapa teman bahkan ada yang tidak mau dibilang orang Karawang. Mereka selalu mengaku bahwa mereka orang Cikampek asli. Seolah Cikampek ini seperti terpisah dari Karawang. Mungkin perasaan yang sama dirasakan Karawang sama seperti yang dirasakan Indonesia ketika orang asing lebih mengenal Bali ketimbang Indonesia sendiri. Lebih tepatnya : “Betul saya orang Karawang namun tinggal di salah satu kecamatan, yaitu Kota Cikampek, Kabupaten Karawang.”

Mungkin juga Cikampek terkenal karena sering disebut-sebut di berita-berita dan juga merupakan gerbang tol penghubung antara Jakarta-Cikampek (Japek) dan merupakan gerbang utama tol Cikampek-Palimanan (Cipali). Sehingga setiap tahun para pemudik yang melintasi di dua jalur tol tersebut lebih mengenal Cikampek serta pembawa berita ketika meliput jalur macet, khususnya musim mudik selalu berada di titik Cikampek. Sehingga tak dipungkiri jika orang-orang lantas mengenal Cikampek ketimbang Karawang. Kebanyakan pembawa berita di media elektronik dan cetak kerap mengatakan, “Kami melaporkan dari Cikampek, Jawa Barat.” Terkadang tanpa disebutkan nama kabupaten atau kotanya.

Jadi sebenarnya Cikampek adalah salah satu kota kecamatan yang berada di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Pusat pemerintahaan masih tetap berpusat di Karawang Kota, serta seperti kampus, RSUD, mal-mal besar dan lainnya, sehingga warga Cikampek tetap akan ke Karawang, namun untuk belanja dan bermain ada juga yang memilih pergi ke Kota Purwakarta karena dirasa lebih dekat serta merupakan kota tetangga.

Ditambah lagi ada sebuah privilege yang dimiliki Cikampek yaitu stasiun kereta api, meski di Karawang juga ada stasiun yang besar, namun stasiun Cikampek ini jauh lebih besar dan dikenal gedungnya yang masih merupakan bangunan lama. Di samping itu, kereta api atau mobil-mobil yang jurusan Bandung atau jurusan Jawa, jalur jalannya terurai di Cikampek.

Memang ada satu hal yang unik dan istimewa di Kota Cikampek. Ada yang lebih dikenal kampung boneka, di mana satu kampung ini, hampir semua warganya kebanyakan merupakan pengrajin boneka (kampung penulis, Red). Lokasinya pun sangat strategis, berada tak jauh dari stasiun Cikampek Kota. Kalau kapan-kapan main ke Cikampek mungkin kita bisa mampir ke kampung boneka. Di sana kita bisa mendapatkan berbagai macam boneka dan sejenisnya. Produksi boneka ini begitu terkenal di nusantara bahkan dunia. Harganya yang murah meriah serta bisa tawar menawar, namun meski nama Cikampek mungkin lebih populer, tak bisa dipungkiri bahwa di semua masyarakat Kota Cikampek tetap KTP-nya terdaftar sebagai warga Kabupaten Karawang. (Oen)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles