Rabu, Mei 29, 2024

Kang H Dede Mantan ‘Wakasau TNI’ Peduli Pendidikan, Bantu Sarana Olahraga Lompat Jauh SMPN 5 Kota Tasikmalaya

Kota Tasikmalaya, Demokratis

Untuk mewujudkan pembangunan sebuah sarana olahraga yang mumpuni saat ini tentunya tidak lepas dari biaya yang diperlukan, terlebih di masa pandemi Covid-19 yang dirasakan dampaknya di berbagai sektor. Hal itu yang membuat Ruhimat Nugraha SPd MPd selaku Ketua Tim Olahraga SMPN 5 Kota Tasikmalaya berusaha mencari dukungan donatur dalam upaya terwujudnya sarana olahraga lompat jauh di sekolah tersebut.

Disampaikan Imat, di SMPN 5 itu masing-masing MGMP membuat program khususnya olahraga untuk mengembangkan presasti olahraga di sekolah tersebut salah satunya mencari dukungan atau bantuan untuk menyediakan sarana prasarana olahraga.

“Dari awal sudah ada bantuan dari pemerintah, Kemenpora dan saat ini ada inisiatif untuk membuat lapangan olahraga khususnya lompat jauh,” ucap Imat ketika diwawancarai Demokratis, Rabu (3/6/2020) di SMPN 5 usai acara.

Hj Yuyun Siti Noorhaesih SPd MPd Kepala Sekolah SMPN 5 Kota Tasikmalaya.

Pucuk di cinta ulampun tiba. Di saat mencari donatur, Tim Olahraga SMPN 5 menemukan sosok donatur Kang H Dede Rusamsi SE MM Marsdya TNI (Purn) mantan Wakil Kepala Staf TNI AU tahun 2011 yang sebelumnya menjabat Kepala Staf Umum TNI dan Gubernur Lemhanas RI yang peduli terhadap pendidikan. “Alhamdulillah beliau (Kang H Dede) dapat membantu dan sedikit tambahan dari alumni hingga bisa selesai dan dikatakan layak untuk suatu perlombaan lompat jauh ini,” terangnya.

Menurut Imat, sejak tahun 1994 SMPN 5 sampai saat ini banyak melahirkan atlet sekolah yang berprestasi di bidang atletek namun sarana belum memadai. Sehingga dibutuhkan para donatur yang peduli terhadap pendidikan dan hal tersebut tidaklah mudah.

“Walau baru terkumpul Rp 17 juta dari Rp 2 juta bantuan alumni dan selebihnya dari donatur Kang H Dede yang memang respon akan kemajuan pendidikan. Terkumpulnya sejumlah itu akhirnya bisa dibangun sarana olahraga lompat jauh yang layak untuk diperlombakan,” terangnya.

Kedepannya, kata Imat, SMPN 5 ingin lebih maju dan baik lagi serta mengharapkan dukungan baik pemerintah, swasta maupun alumni, karena masih ada obsesi membuat ‘track mini’. “Lapangannya sudah ada namun lintasan larinya yang belum ada dan ini tetap membutuhkan donatur yang peduli pendidikan khususnya olahraga,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kepala Sekolah SMPN 5 Kota Tasikmalaya Hj Yuyun Siti Noorhaesih SPd MPd mengungkapkan sarana prasarana yang ada di sekolah ini tidak mungkin dapat dipenuhi oleh anggaran yang ada di sekolah yakni dari dana BOS.

“Kemudian pihak sekolah mencari orang-orang yang peduli terhadap pendidikan salah satunya Kang H Dede. Mengingat banyak prestasi lompat jauh di sekolah ini, namun sarana prasarananya tidak mendukung lalu disampaikan keluhan tersebut dan beliau langsung merespon baik,” pungkas Hj Yuyun. (Eddinsyah)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles