Jumat, Juni 14, 2024

Kegiatan Posyandu Desa Mbatumbulan Asli Dipertanyakan

Aceh Tenggara, Demokratis

Pagi-pagi buta petugas Desa Mbatumbulan Asli melalui masjid setempat mengumumkan bahwa masyarakat diminta untuk hadir di Balai Gedung Serba Guna Desa Mbatumbulan Asli, Jumat (20/9).

Alasan petugas yang memberitahukan melalui alat pengeras dari dalam Masjid Mbatumbulan bahwa akan ada kegiatan Posyandu. Diharapkan masyarakan untuk hadir dan membawa anak-anak balita. Kira-kira seperti itulah pengumuman yang sempat terdengar oleh Demokratis.

Selang waktu beberapa jam dan Demokratis sudah di dalam ruangan kegiatan Posyandu di dalam Balai Gedung Serba Guna Desa Mbatumbulan Asli sekira pukul 10.35, kegiatan terlihat begitu sepi dan memang keterangan masyarkat yang hadir juga membenarkan jika yang datang untuk kegiatan Posyadu terhitung bilangan. “Sekitar lebih sepuluh orang,” sebut salah satu masyarakat setempat yang tak mau menyebutkan jati dirinya itu.

“Sedikitnya hadir dikarenakan dari masyarakat Pulo Kemiri tak satu orang pun yang datang,” sembari masyarakat itu menutup kata.

Pantauan Demokratis dalam kegiatan Posyandu Desa Mbatumbulan Asli, tak ada satu orangpun dari penjabat desa yang bisa dimintai keterangan baik yang hadir di tempat kegiatan Posyandu. Terlihat semua yang hadir petugas kesehatan pun yang disebut bidan terlihat sekitar lima orang putugas. Diyakini bidan yang hadir dari petugas kesekatan UPTD Puskesmas Kota Babusalam. Kesannya ke lima bidan itupun gerak-geriknya mengelak untuk dikonfirmasi.

Pantauan Demokratis dan bertanya salah satu masyarakat yang mengikuti program Posyandu Desa Mbatumbulan Asli yang hadir dalam kegiatan, untuk jumlah balita sekitar lima dan emak-emak dari balita itu.

Keterangan mereka dan meyebut obat yang diberikan petugas kesehatan dari bidan 2 papan obat. “Kegunaan obat tersebut untuk gatal-gatal, boleh diminum orang besar dan juga balita,” sebut emak-emak balita itu.

Waktu berselang beberapa hari Kades Desa Mbatumbulan Asli Jamidan, Senin (23/09), Demokratis mencoba konfirmasi Kades Mbatumbulan Asli lewat seluler, tapi Kades tak menjawab telepon walaupun terhubung. SMS juga tak membalas sama sekali. Sangat disayangkan kegiatan Posyandu Desa Mbatumbulan Asli tak ada yang bisa dimintai keterangan.

Padahal Demokratis hanya ingin mengkonfirmasi kegiatan Posyandu Desa Mbatumbalan Asli, Kecamatan Babusalam, berapa jumlah anggaran Posyandu Desa Mbatumbulan TA 2019, kegiatan Posyandu Desa Mbatumbulan Asli berapa hari dan sumber dana darimana. Kalaupun dari ADD TA dan tahap ke berapa. Hingga berita ini diturunkan penjabat desa tersebut, baik kepala desa belum bisa menjelaskan dan memang kesannya tak mau menjelaskan. (Tim)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles