Rabu, Juni 19, 2024

Ketua Pepadi Kabupaten Karawang Kujungi Para Dalang

Karawang, Demokratis

Kesenian wayang golek adalah salah satu kesenian maha karya warisan leluhur di Tanah Pasundan yang sampai saat ini masih diganduringi oleh masyarakat daerah nusantara.

Kesenian wayang golek di Kabupaten Karawang banyak melahirkan para dalang yang handal dan populer hingga menjadikan kesenian ini masih banyak diminati oleh masyarakat.

Ada banyak para dalang di lingkungan seni yang hingga kini masih eksis tetap melakukan pagelaran, pentas serta memenuhi panggilan masyarakat yang berminat menyelenggarakan kesenian ini.

Berkat perkembangan yang begitu pesat inilah sehingga perlu suatu wadah untuk menaungi dan melestarikan para pelaku seni melalui Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) yang sudah terbetuk di setiap kabupaten/kota di Indonesia.

Melihat hal itu, Ketua Pepadi Kabupaten Karawang yaitu H Waya Karmila SPd MM merasa terpanggil untuk melakukan pelestarian serta pembinaan sehingga di sela kesibukannya ia berkenan meluangakan waktu berkujung ke para dalang untuk bersilaturahmi serta mengajak para dalang untuk hitoh pada era kejayaannya.

Salah satu dalang yang dikujungi adalah Suhendra Supriadi (Cecep Muda) yang lebih akrab disapa dalang Pajar yang berada di Desa Pucung, Kecamatan Kota Baru, pada Kamis (20/8).

“Hari ini saya sengaja berkunjung ke kediaman dalang Suhendra Supriadi untuk bersilaturahmi. Selain itu saya mengajak para dalang se Kabupaten Karawang supaya lebih bersemangat serta mengajak kepada semua dalang untuk hitoh kembali kepada kejayaannya karena di Karawang dari dulu sudah terkenal dalang yang handal dan popular,” ujar Ketua Pepadi.

Ketua Pepadi yang datang dengan dampingi Dewan Penasehat Abah Sunarya Kidung Karawang disambut baik dan hangat olah dalang Suhendra serta asistennya yang saat itu berkenan untuk menyambut dan menerima kedatangannya. Ketua dan Penasehat yang saat itu sempat memperhatikan dan melihat-lihat wayang golek serta gamelan yang dimiliki oleh lingkungan seni Jaya Komara.

“Kunjungan Ketua Papadi yang didampingi Dewan Penasehat ini merupakan kehormatan bagi saya serta merasa bangga, karena Ketua Pepadi begitu perhatian kepada para dalang dan berkenan mengunjungi sehingga dapat menjadi panutan bagi seniman wayang golek atau wayang kulit se Kabupaten Karawang. Selain itu baru kali ini saya mendapat kunjungan dari ketua, karena sebelumnya belum pernah ada,” ucap dalang Suhendra Supriadi. (Oen)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles