Rabu, Juni 19, 2024

Desa Simonosor, Kampung Paten Inspirasi Binaan Polsek Sibabangun

Tapteng, Demokratis

Di samping mengedukasi masyarakat untuk selalu disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, berbagai langkah dan terobosan dilakukan pihak kepolisian, agar bagaimana warga masyarakat bisa beraktivitas dengan aman di masa pendemi Covid-19. Salah satunya, pembentukan kampung paten inspirasi.

Tidak hanya bertujuan agar masyarakat peduli dengan pencegahan penyebaran Covid-19, sebagaimana namanya, kampung paten inspirasi juga bertujuan mendorong warga untuk tetap produktif sehingga pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut tetap berjalan dengan lancar. Berdamai dengan Covid-19 sembari menjalankan tatanan kehidupan baru, merupakan salah satu langkah yang menjadi program kampung paten inspirasi.

“Tidak bisa kita pungkiri, pandemi ini telah menyebabkan gangguan sistem logistik yang berdampak pada persoalan ketahanan pangan. Ini yang harus kita antisipasi. Melalui kampung paten inspirasi, masyarakat akan kita edukasi agar ketahanan pangan tetap terjaga di desa tersebut,” ujar Kapolsek Sibabangun, Iptu Horas Gurning, di sela-sela kegiatan kampung paten inspirasi Desa Simanosor, Kamis (1/10/2020).

Disampaikannya, ada empat fokus utama pendirian kampung paten inspirasi Desa Simanosor yakni, kesehatan, sosial ekonomi, keamanan, dan kreativitas. Dengan gerakan kampung paten inspirasi, kolaborasi Pemerintah, TNI-Polri dengan masyarakat dapat menjaga ketahanan pangan sekaligus menangkal dan memtutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Masih kata Gurning, banyaknya masyarakat kehilangan pekerjaan akibat pendemi Covid-19, menyumbang andil pada menurunnya ketahanan pangan. Akibatnya, masyarakat harus bergantung pada bantuan pangan dari pemerintah. Hal ini menjadi fokus perhatian pihaknya agar bagaimana masyarakat tidak selamanya bergantung kepada pemerintah. Pelaksanaan pelatihan-pelatihan serta pemberian bantuan alat dan bibit, menjadi langkah prioritas yang dilaksanakan oleh pihaknya. Beberapa kelompok usaha tani serta kelompok budidaya ikan dan ternak menjadi sasaran binaan agar tetap bisa produktif di tengah-tengah pendemi.

“Ada tiga hal yang menjadi target kampung paten inspirasi yakni, ketersediaan, keterjangkauan, dan stabilitas bahan pangan. Mencapai itu, kita telah menciptakan kelompok usaha pertanian, peternakan dan perikanan,” tukasnya.

Sebagaimana taglinenya, Gurning bertekad menjadikan Desa Simanosor sebagai desa inspirasi ketahanan pangan dan desa penggerak pemutus mata rantai penyebaran virus Corona di wilayah hukum Polsek Sibabangun.

“Wharus tetap bisa nyaman dan tenang menghadapi pendemi ini. Dengan demikian Kamtibmas yang kondusif akan selalu tercipta di tengah-tengah masyarakat,” pungkasnya. (MH)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles