Rabu, Juni 19, 2024

Haul dan Bulan Bung Karno Digelar Bersamaan Dengan Haul Taufik Kiemas di Jakarta

Jakarta, Demokratis

Dalam rangka memperingati Bulan Bung Karno yang jatuh pada buan Juni, yang diawali sejak pada tanggal 1 Juni lalu yang telah ditetapkan sebagai Hari Kelahiran Pancasila.

Diselenggarakan di Jakarta, Senin (8/6/2020) bersamaan dengan 7 tahun wafatnya politisi reformis Taufik Kiemas mantan Ketua MPR yang juga murid Bung Karno.

Kamarin berlangsung diawali dengan baca tahlil berjamaah dan pembacaan surat yasin yang kemudian dilanjutkan dengan ceramah virtual oleh sejumlah tokoh, antara lain oleh Ketua DPR Puan Maharani cucu Bung Karno yang juga anak sulung pasangan Megawati dan Taufik Kiemas. Juga tampak lewat online Ketua Umum PP Muhammadiyah KH Haedar Nashir, Ketua PBNU KH Marsudi Syuhud, Ketua MPR-RI Bambang Soesatyo serta Ketua Umum PP Bamusi Hamka Haq.

Di dalam sambutannya, Ketua DPR Puan Maharani berharap pemimpin bangsa saat ini maupun kedepannya harus memegang teguh nilai-nilai Pancasila 1 Juni 1945.

“Nilai-nilai yang harus menjadi pedoman itu adalah Ketuhanan, Kebangsaan, Kemanusiaan, Demokrasi dan Keadilan Sosial,” tegasnya.

Dikatakan, baik Bung Karno maupun Taufiq Kiemas telah mewariskan nilai-nilai yang sangat penting untuk bagi bangsa ini. “Yang harus dipegang teguh oleh pemimpin bangsa siapapun juga,” ujar Puan.

Puan juga mengatakan, Bung Karno dan Taufiq Kiemas sudah menunjukkan bahwa persatuan bangsa yang beragam ini adalah hal yang lebih penting dari apapun. Sehingga kedua tokoh itu bisa diterima oleh semua komponen bangsa. Dengan tetap menjaga dan mempertahankan perwujudan persatuan nasional dengan sebenar-benarnya.

“Demikian pula halnya dengan gotong-royong yang merupakan intisari dari Pancasila, hanya akan bisa diwujudkan melalui persatuan seluruh anak bangsa. Dan Bung Karno maupun Bapak Taufiq juga telah menunjukkan itu, selama perjuangannya yang luar biasa di dalam mempersatukan bangsa Indonesia,” ujar Puan.

Selain Puan, berbagai tokoh lain juga turut mengisi acara Peringatan tersebut. Mereka antara lain Ketua Umum PP Muhammadiyah KH Haedar Nashir, Ketua PBNU KH Marsudi Syuhud, Ketua MPR-RI Bambang Soesatyo serta Ketua Umum PP Bamusi Hamka Haq. (Erwin Kurai)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles