Kamis, Juni 13, 2024

Mantan Pangkostrad Nasution Kunjungi Objek Wisata Pakpak Bharat

Pakpak Bharat, Demokratis

Mantan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), Letnan Jenderal TNI (Purn) Azmyn Yusri Nasution, mengunjungi sejumlah obyek wisata yang ada di Kabupaten Pakpak Bharat, selama dua hari yaitu, pada Kamis dan Jumat (2-3/06/20).

Didampingi Pj Bupati Pakpak Bharat, Dr Asren Naution MA, Jendral Bintang Tiga tersebut mengunjungi Kawasan Panorama Indah Sindeka, Obyek wisata Delleng Simpon, di Kecamatan STTUJulu dan Lae Mbilulu, di Kecamatan Tinada Kabupaten Pakpak Bharat.

Saat berada di Obyek Wisata Delleng Simpon, Jendral bintang tiga ini bersama istri dan keluarganya mengabadikan momen tersebut melalui foto dengan berselfie menggunakan android masing-masing, sembari mengatakan sangat terpesona dan luar biasa dengan suasana serta keindahan alam Delleng Simpon dimana ekosistem hutan tersebut juga masih terjaga.

“Tempat ini harus senantiasa kita jaga dan lestarikan karena disamping tempatnya asri dan sejuk, di sini juga ada peninggalan budaya bernilai tinggi yang perlu kita jaga. Eluh berru Tinambunen yang telah ada sejak ribuan tahun lalu adalah jejak budaya yang harus kita jaga dan jika melihat kondisi wilayah pakpak Bharat ini,” kata jendral yang ahli strategi perang tersebut.

Dalam kesempatan ini Sang Jendral menuturkan, jika dirinya juga pernah datang ke Delleng Simpon ini saat pelaksanaan ABRI masuk desa dalam rangka pembukaan jalan menuju Kabupaten Humbahas beberapa puluh tahun yang lalu di jaman Panglima Jendral LB Moerdani.

“Dulu saya bersama kawan-kawaan prajurit TNI yang waktu itu di bawah komando Panglima ABRI Jenderal LB Moerdani, saat pembukaan jalan ini sampai tembus ke humbang sana, banyak suka duka kami lalui di sini. Batu prasati ditandatangani oleh Panglima ABRI Jenderal LB Moerdani,” kenang AY Nasution seraya menunjuk batu prasasti yang dimaksud.

Kondisi alam Pakpak Bharat ini juga sangat cocok menjadi pusat lembaga pendidikan militer seperti Resimen Induk Daerah Militer (Rindam) karena selain alam yang subur, hutan yang murni serta ketinggian wilayah Pakpak Bharat yang berbatasan dengan wilayah Aceh, Sibolga, Humbahas dan wilayah lainnya serta salah satu  pintu gerbang Sumatera Utara sangat cocok menjadi tempat latihan militer.

Hari ke dua di Kabupaten Pakpak Bharat, sang Jenderal yang terkenal tegas dan disiplin ini, berdecak kagum dengan keindahan pesona sampuren dan suasana alam Lae Mbilulu. Mantan Pangkostrad tersebut terlihat sangat menikmati wisata ini seakan tak mau beranjak dari lokasi yang sangat asri ini. Namun karena waktu untuk kembali sudah tiba, AY Nasution pun terpaksa mengahiri liburannya ini di Pakpak Bharat dan kembali ke Medan Sumatera Utara.

Tak lupa, Pj Bupati pakpak Bharat juga menyuguhkan makanan Khas Pakpak “Pelleng” kepada keluarga mantan Pangkostrad tersebut di Pendopo Bupati Pakpak Bharat serta diolessi oleh tokoh adat, Pa Cencen Berutu di Delleng Simpon.

Sementara itu, Pj Bupati Pakpak Bharat, Dr H Asren Nasution, Jumat (03/06) mengatakan, Letnan Jenderal TNI (Purn) Azmyn Yusri Nasution merupakan tutor beliau saat di dunia militer sejak berpangkat Letnan. Selain itu Asren Nasution bersama Letjend AY Nasution sering bertugas dalam satuan tugas seperti di Korem 162 Wirabakti di NTB, Jepang dan tempat lainnya.

“Beliau ini merupakan total militer karena ayah baliau juga seorang militer dan anaknya juga militer. Beliau itu disiplin mulai dari jam olahraga, sholat, istrihat, baca Alquran dan lainnya semua tepat waktu sehingga menjadi tauladan bagi kita,” ujar Pj Bupati Pakpak Bharat sembari berharap kunjungan jendral ini merupakan suatu promosi wisata dan makanan yang ada Pakpak Bharat ke luar daerah. (Frengki)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles