Rabu, Juni 19, 2024

Sebanyak 27 Unit Rumah Warga Desa Situsari Mendapat Bantuan Bedah Rumah Dari PUPR dan Kabupaten

Bogor, Demokratis

Sebanyak 27 unit rumah warga Desa Situsari, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, mendapatkan bantuan bedah rumah dari Kabupaten sebanyak tujuh unit. Sedangkan dari Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) mendapat 20 unit. Bantuan bedah rumah ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang kurang mampu agar memiliki rumah yang lebih layak.

Kepala Desa Situsari M Dahlan melalui pelaksana pembangunan Ade RM mengatakan, “Kami berharap pelaksanaan program bedah rumah baik dari kabupaten atau dari PUPR ini dapat membantu masyarakat di wilayah Desa Situsari agar bisa memiliki rumah yang layak huni,” ujarnya, Rabu (2/9/2020).

Hal senada dikatakan Bendahara Desa Situsari Aditiya, program ini merupakan salah satu dari pelaksanaan program bedah rumah warga yang patut untuk direnovasi. “Saya berharap dukungan dari pemerintah daerah dan masyarakat setempat untuk mensukseskan program yang dikenal masyarakat dengan program bedah rumah tersebut,” katanya.

Menurut Aditiya, pemerintah hanya memberikan bantuan kepada masyarakat yang memiliki rumah tidak layak yang masuk kriteria dan persyaratan. “Untuk itu, masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya untuk mewujudkan rumah yang layak,” pungkas Adit.

Salah satu syarakat masyarakat untuk mendapatkan bantuan bedah rumah itu adalah tanah untuk lokasi pembangunan merupakan tanah milik masyarakat sendiri dan kondisi rumahnya benar-benar tidak layak huni. Rumah yang telah dibedah diharapkan dapat menjadi tempat pembinaan keluarga sejahtera dan menjadi aset bagi masyarakat.

“Penyaluran dana tersebut sebesar Rp 17.500.000/unit itu dari PUPR. Sedangkan dari kabupaten sebesar Rp 15.000.000/unit itu pun dibebani pajak 11,5%. Mekanisme dana itu disalurkan dalam bentuk bahan material dan sebagian untuk upah tukang sehingga masyarakat juga harus memiliki keswadayaan untuk membangun rumahnya,” ungkapnya.

Kepala Desa Situsari M Dahlan menambahkan, sejauh ini empat penambahan bedah rumah dari PUPR jadi secara global untuk tahun ini Desa Situsari mendapat bangunan bedah rumah baik dari Kabupaten atau pun dari PUPR sebanyak 27 unit. “Memang awalnya dapet 24 secara global tapi alhamdulilah sejauh ini ada penambahan dari PUPR sebanyak empat unit rumah,” pungkas Kades. (Ade S)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles