Jakarta, Demokratis
Honda Prospect Motor (HPM) menutup tahun 2020 dengan mencatat prestasi untuk Honda Brio sebagai model dengan penjualan tertinggi di antara semua merek di Indonesia.
Sepanjang tahun lalu, Honda Brio mengumpulkan total penjualan sebanyak 43.021 unit di seluruh Indonesia dengan masing-masing penjualan sebesar 31.713 unit untuk Brio Satya dan 11.308 unit untuk Honda Brio RS.
Hasil ini sekaligus memberikan kontribusi hingga 54 persen dari keseluruhan penjualan mobil Honda sepanjang 2020 yang tercatat sebanyak 79.451 unit.
Hingga akhir 2020, Honda Brio Satya pun telah menjadi market leader di segmen LCGC dengan pangsa pasar sebesar 27,2 persen, sementara Honda Brio RS menguasai pangsa pasar sebesar 74,7 persen di segmen City Car.
Prestasi sebagai model terlaris di Indonesia ini juga merupakan yang pertama kalinya untuk Honda Brio semenjak diperkenalkan di Indonesia pada 2012 silam. Dalam waktu delapan tahun sejak pertama kali diluncurkan hingga saat ini, Honda Brio telah mencatat penjualan sebanyak 376.304 unit.
Tak hanya untuk pasar dalam negeri, HPM juga telah melakukan ekspor Honda Brio ke Filipina dan Vietnam, dengan total pengiriman sebesar 5.970 unit di tahun lalu.
“Kami bangga bahwa Honda Brio menjadi produk yang diterima dengan sangat baik oleh konsumen di Indonesia. Model ini merupakan produk istimewa yang dirancang dan dikembangkan untuk Indonesia, khususnya anak-anak muda dan pembeli mobil pertama, dengan fitur lengkap, tampilan dan performa yang sporty, serta harga dan biaya operasional terjangkau,” ungkap Takehiro Watanabe, President Director HPM, Senin (18/1/2021).
“Dengan kesuksesan Brio di Indonesia, Honda berkomitmen untuk terus mengembangkan produk-produk sesuai dengan karakter dan keinginan konsumen di Indonesia di masa mendatang,” lanjut dia.
Sementara itu, Business Innovation and Marketing & Sales Director HPM Yusak Billy menjelaskan bahwa pencapaian Honda Brio sejalan dengan perubahan perilaku konsumen di era pandemi, terutama dalam hal peningkatan penggunaan media online dan pergeseran dari penggunaan transportasi umum ke mobil pribadi.
Menurut dia, kedua faktor tersebut mendorong bertumbuhnya pasar untuk pembeli mobil pertama, terutama dari kalangan anak muda dan keluarga muda.
“Pencapaian Honda Brio di tahun yang penuh tantangan ini tentunya juga didukung oleh jaringan diler Honda di seluruh Indonesia yang terus menjalin komunikasi dengan konsumen terutama melalui platform digital, serta menyediakan program-program penjualan yang meringankan dan memudahkan pembelian bagi pembeli mobil pertama,” papar Yusak Billy.
“Terutama kami menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya untuk semua konsumen yang telah mempercayakan Honda Brio sebagai mobil mereka. Kami juga berkomitmen untuk terus memberikan layanan penjualan dan purna jual terbaik bagi setiap konsumen Honda di Indonesia,” dia menambahkan.
Honda Brio pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 2 Agustus 2012 sebagai model pertama Honda di segmen City Car. Satu tahun kemudian, tepatnya pada 11 September 2013, memperkenalkan varian Honda Brio Satya yang merupakan produk Low Cost Green Car (LCGC) berkualitas tinggi dari Honda.
Tak hanya ramah lingkungan dan hemat bahan bakar, Honda Brio Satya juga didukung mesin i-VTEC SOHC 1.2 liter dengan tenaga terbesar di kelasnya dan dilengkapi fitur keselamatan dengan standar tinggi.
Model ini juga sepenuhnya diproduksi di dalam negeri dengan kandungan lokal yang ditingkatkan hingga mencapai 89 persen. Sebagai sebuah produk nasional, Brio Satya juga mengusung nama dan logo yang diciptakan khusus untuk Indonesia.
Nama ‘Satya’ sendiri berasal dari bahasa sansekerta yang berarti ‘tulus’ atau ‘setia’. Berbeda dengan produk Honda lainnya, Brio Satya juga menggunakan logo yang mengambil bentuk dari bunga melati, yang merupakan bunga nasional Indonesia.
Pada tahun 2016, Honda juga memperkenalkan Honda Brio RS sebagai varian baru dengan karakter yang lebih sporty. Generasi kedua All New Honda Brio diluncurkan pada 2 Agustus 2018 dengan perubahan desain terutama di bagian depan dan belakang semakin sporty, serta ruang serta kabin dan bagasi yang semakin luas.
Dengan menawarkan pengalaman berkendara yang lebih baik dengan nuansa yang sporty dan fun-to-drive sesuai DNA Honda, dengan performa tinggi dan konsumsi bahan bakar yang efisien.
Sesuai dengan karakter dan profil konsumennya, Honda Brio juga banyak terlibat dalam berbagai ajang balap dan aktivitas yang lekat dengan anak muda. Sejak tahun 2014, Honda menggelar ajang balap One Make Race untuk Honda Brio bertajuk Honda Brio Speed Challenge.
Sebagai salah satu agenda balap nasional, Honda Brio Speed Challenge juga sangat populer dan telah banyak melahirkan banyak pembalap-pembalap muda berbakat.
Tak hanya itu, Honda Brio Saturday Night Challenge semakin memperkuat citra Honda Brio sebagai mobil sporty dengan membawa ajang slalom lebih dekat dengan anak-anak muda.
Aktivitas Honda Brio juga meliputi ajang modifikasi, pencarian musisi berbakat melalui Brio Music Project dan masih banyak lagi. Menyambut era digital, aktivitas Honda Brio juga merambah ke ajang virtual melalui kontes modifikasi digital Brio Virtual Modification Contest, hingga project terbarunya yaitu aplikasi mobile games bertajuk Brio Virtual Drift Challenge.
Sebagai pengakuan terhadap keunggulan, hingga saat ini Honda Brio telah mendapatkan total 36 penghargaan dari media-media di Indonesia untuk berbagai kategori, di antaranya kategori mobil terbaik, konsumsi bahan bakar terbaik, mobil pilihan konsumen, hingga kategori biaya operasional terbaik di kelasnya. (Rio/Red)