Rabu, Juni 19, 2024

BPSDMP Umumkan 10.899 Peserta Sipencatar Lolos Mengikuti Tes Lanjutan

Jakarta, Demokratis

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) telah mengumumkan kelulusan peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Seleksi Penerimaan Calon Taruna (SIPENCATAR) 2020. Sebanyak 10.899 peserta dapat mengikuti tahapan tes selanjutnya yaitu Tes Kesehatan dan Tes Kesamaptaan.

Daftar nama peserta yang dapat mengikuti tahap seleksi selanjutnya dapat diakses langsung melalui website sipencatar.dephub.go.id mulai Sabtu (5/9/2020).

SIPENCATAR merupakan rangkaian kegiatan penerimaan calon taruna/i pada Perguruan Tinggi di lingkungan Kementerian Perhubungan baik jenjang pendidikan diploma maupun non-diploma melalui BPSDMP, yang terdiri atas beberapa tahapan seleksi dengan penerapan sistem gugur.

Adapun tujuan dari penyelenggaraan SIPENCATAR pada perguruan tinggi Kemenhub yaitu guna memenuhi kebutuhan sumber daya manusia transportasi nasional yang berbasis kompetensi baik secara kualitas maupun kuantitas.

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sendiri diselenggarakan serentak di 39 lokasi di Indonesia dimulai pada 21 Juli sampai dengan 13 Agustus 2020 menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) milik BKN.

Jumlah peserta SKD yang dapat mengukuti seleksi lanjutan ini berdasarkan pada penyampaian surat Badan Kepegawaian Negara (BKN) secara resmi kepada Menteri Perhubungan melalui Surat Kepala Badan Kepegawaian Negara selaku Ketua Tim Pelaksana Seleksi Nasional Calon Mahasiswa Sekolah Kedinasan 2020 nomor: K26-30/W3009/IX/2020 pada 4 September 2020 perihal Penyampaian Hasil SKD Calon Mahasiswa Sekolah Kedinasan Kementerian Perhubungan Tahun 2020.

“Surat tersebut merupakan hasil pengolahan data hasil SKD yang didasarkan pada persetujuan afirmasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokasi (Kemenpan-RB),” jelas Kepala BPSDP Sugihardjo.

Pada Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) memiliki passing grade yang telah ditetapkan pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2020 tentang Penerimaan Mahasiswa dan Taruna Sekolah Kedinasan Tahun 2020, yaitu nilai 65 (enam puluh lima) untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), nilai 80 (delapan puluh) untuk Tes Intelegensia Umum (TIU), dan nilai 126 (seratus dua puluh enam) untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Sugihardjo menyampaikan bahwa SKD telah terselenggara dan berjalan baik, namun dari total keseluruhan pendaftar, hanya 88,49% peserta yang hadir dan mengikuti seleksi.

“Total pendaftar secara keseluruhan di 18 Perguruan Tinggi sebanyak 34.384 orang. Pendaftar terbanyak yaitu 5.628 pada prodi Transportasi Darat Sarjana Terapan di PTDI-STTD. Dari total keseluruhan pendaftar itu, jumlah peserta yang lulus seleksi administrasi sebanyak 33.661 orang, selanjutnya total peserta yang hadir dan mengikuti seleksi sebanyak 30.425 orang,” urainya.

Pada SIPENCATAR tahun 2020, pembibitan (polbit), reguler non pola pembibitan, dan non reguler (mandiri).

“Program reguler pola pembibitan, merupakan program SIPENCATAR yang dilaksanakan secara terpusat dan serentak oleh Kemenhub dalam rangka mengisi formasi jabatan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenhub dan Pemerintah Daerah, yang formasinya telah ditetapkan sebelumnya.

“Sedangkan pada program reguler non polbit, lulusannya diperuntukkan bagi pemenuhan SDM bidang transportasi pada BUMN, operator dan perusahaan industri di sektor transportasi lainnya,” ungkap Sugihardjo.

Pada program non-reguler (Mandiri), Sugihardjo menambahkan, merupakan SIPENCATAR yang dilaksanakan secara mandiri oleh Perguruan Tinggi pada Kementerian Perhubungan yang lulusannya diperuntukkan bagi pemenuhan SDM bidang transportasi pada BUMN, operator dan perusahaan industri di sektor transportasi lainnya.

Berdasarkan Surat Pengumuman Kementerian Perhubungan nomor: PG.04 Tahun 2020 tentang Penerimaan Calon Taruna/i Pola Pembibitan Pada Perguruan Tinggi di Lingkungan Kementerian Perhubungan TA 2020/2021, telah diselenggarakan pendaftaran online melalui portal https://dikdin.bkn.go.id mulai tanggal 8 Juni sampai dengan 23 Juni 2020. Sedangkan pendaftaran Seleksi Penerimaan Calon Taruna/i Jalur Reguler Non Pola Pembibitan berdasarkan pengumuman Kementerian Perhubungan nomor: PG. 06/BPSDMP-2020 telah diselenggarakan mulai tanggal 14 Juli sampai dengan 24 Agustus 2020, dengan melalui https://sipencatar.dephub.go.id.

Persyaratan pendaftaran pada SIPENCATAR Tahun 2020, yaitu Warga Negara Indonesia, Usia maksimal 23 tahun dan minimal 16 tahun pada 1 September 2020, Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) untuk Program Reguler Pola Pembibitan, tinggi badan minimal pria 160 cm dan wanita 155 cm, berbadan sehat, tidak cacat fisik dan mental, bebas HIV/AIDS serta bebas narkoba, tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat (dibuktikan dengan surat keterangan dari pemuka agama/adat), ketajaman penglihatan normal dan tidak ada kelainan buta warna baik parsial maupun total, Tidak sedang menjalani dan terancam hukuman pidana karena melakukan kejahatan, belum pernah diberhentikan dengan tidak hormat dan/atau mengundurkan diri sebagai Taruna/Taruni di lingkungan BPSDMP.

Selanjutnya bersedia menaati segala peraturan pada Pola Pembibitan, bersedia diberhentikan dengan tidak hormat jika melakukan tindakan kriminal antara lain mengkonsumsi dan atau menjual belikan narkoba, melakukan tindak kekerasan (perkelahian, pemukulan, pengeroyokan, perundungan), melakukan tindakan asusila atau penyimpangan seksual.

Adapun tahapan seleksi pada SIPENCATAR Tahun 2020 Jalur Reguler Pola Pembibitan, yaitu Seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Tes Kesehatan dan Tes Kesamaptaan, Psikotes dan Tes Wawancara. (Red/Dem)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles