Rabu, Juni 19, 2024

Kepala BPSDMP Sebut Kebersamaan dalam Keberagaman Kekuatan Berkarya Wujudkan SDM Transportasi Unggul

Jakarta, Demokratis

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Sugihardjo dalam upacara HUT Kemerdekaan virtual di kantor Kementerian Perhubungan begitu juga dengan para taruna yang mengikuti upacara dari dormitory masing-masing kampus menyampaikan arahan-arahan membangun.

Sugihardjo mengatakan bahwa meskipun pelaksanaan upacara dilaksanakan secara virtual, namun tetap menampilkan keberagaman adat dan budaya Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari pakaian adat yang dikenakan oleh para peserta upacara di Kementerian Perhubungan dan di kampus-kampus, salah satunya di kampus Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta.

STIP melaksanakan Upacara Peringatan Ke-75 Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia secara virtual dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat, selain diukur suhu tubuh, menggunakan masker, dan melakukan physical distancing para peserta juga melakukan rapid test sebelum upacara dimulai.

Dalam pelaksanaannya, seluruh peserta upacara mengambil sikap sempurna dan memberi penghormatan kepada sang saka merah putih saat lagu Indonesia raya dikumandangkan, mulai pukul 10.17 hingga 10.20 WIB.

“Civitas akademika di sekolah-sekolah transportasi di lingkungan BPSDMP, yang berada di seluruh wilayah Indonesia tetap mengikuti Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang diselenggarakan di Istana Negara secara virtual,” ungkap Sugihardjo.

Sugihardjo juga menyampaikan dalam pelaksanaan upacara di sekolah-sekolah transportasi di lingkungan BPSDMP diikuti oleh taruna/i yang berasal dari berbagai daerah, yang memiliki keragaman budaya, suku, agama dan ras.

Kebersamaan dalam keberagaman dan kemajemukan yang ada di sekolah-sekolah transportasi di lingkungan BPSDM Perhubungan merupakan kekuatan dalam berkarya mewujudkan SDM Transportasi yang unggul dan berkarakter.

“Untuk itu, mari kita hindari hal-hal yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa, karena keragaman merupakan anugerah yang terindah,” tuturnya.

Dengan keberagaman, maka akan terbangun kekuatan dari adanya sikap toleransi, gotong royong, dan saling menghargai.

Sugihardjo menambahkan, tema ‘Indonesia Maju’ di HUT ke-75 Kemerdekaan RI kali ini adalah sebuah representasi dari Pancasila sebagai pedoman hidup berbangsa dan bernegara yang memperkokoh kedaulatan, persatuan dan kesatuan Indonesia dalam mengisi kemerdekaan.

“Rangkaian kegiatan untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan dalam keberagaman di sekolah-sekolah transportasi di lingkungan BPSDMP dengan tetap mengacu pada protokol kesehatan, merupakan kolaborasi untuk memperkenalkan jati diri bangsa dan memunculkan kekuatan serta kesempatan untuk berkarya tanpa batas,” ungkap dia.

Sugihardjo menjelaskan bahwa pada masa pandemi yang masih berlangsung sampai saat ini, penyelenggaraan kegiatan dalam rangka memperingati hari kemerdekaan di sekolah-sekolah transportasi dilakukan secara berbeda, tidak masal seperti biasanya. (Red/Dem)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest Articles